Tuesday, February 2, 2016

Konsep Dasar Object Oriented Programming (OOP)

 Selasa
Jika anda telah biasa membuat program secara prosedural, yakni menulis program-program dari baris pertama sampai dengan baris terakhir secara berurutan, konsep pemrograman berbasis objek mungkin sedikit susah dipahami. Dalam tutorial pertama tentang OOP ini, kita akan membahas dulu pengertian pemrograman berbasis objek.

Pengertian Pemrograman Berorientasi Objek

Pemrograman Berorientasi Objek atau Object Oriented Programming (OOP) adalah sebuah tata cara pembuatan program (programming paradigm) dengan menggunakan konsep “objek” yang memiliki data (atribut yang menjelaskan tentang objek) dan prosedur (function) yang dikenal dengan method. (http://en.wikipedia.org/wiki/Object-oriented_programming)
Dalam pengertian sederhananya, OOP adalah konsep pembuatan program dengan memecah permasalahan program dengan menggunakan objekObjek dapat diumpamakan dengan ‘fungsi khusus’ yang bisa berdiri sendiri. Untuk membuat sebuah aplikasi, berbagai objek akan saling bertukar data untuk mencapai hasil akhir.
Berbeda dengan konsep fungsi atau ‘function’ di dalam pemrograman, sebuah objek bisa memiliki data dan function tersendiri. Setiap objek ditujukan untuk mengerjakan sebuah tugas, dan menghasilkan nilai akhir untuk selanjutnya dapat ditampilkan atau digunakan oleh objek lain.

Fungsi Pemrograman Berorientasi Objek dalam PHP

PHP bukan bahasa pemrograman yang ‘murni’ berbasis objek seperti Java. Bahkan, konsep OOP dalam PHP baru hadir dalam PHP versi 4, dan disempurnakan oleh PHP versi 5. Dengan kata lain,OOP di PHP merupakan ‘fitur tambahan’. Anda bisa membuat situs web dengan PHP tanpa menggunakan objek sama sekali.
Dalam studi pemrograman, pembuatan program dalam PHP tanpa menggunakan objek disebut juga dengan pemrograman prosedural atau pemrograman fungsional. Dikenal dengan pemrograman prosedural, karena kita memecah kode program menjadi bagian-bagian atau fungsi-fungsi kecil, kemudian menyatukannya untuk menghasilkan nilai akhir.
Dengan membuat program secara prosedural, aplikasi bisa dibuat dengan cepat dan mudah dipelajari jika dibandingkan dengan pemrograman berbasis objek (bagi anda yang pernah mempelajari Java, tentu telah ‘melewati’ hal ini). Keuntungan pemrograman berbasis objek baru terasa ketika program tersebut telah ‘besar’ atau kita bekerja dengan tim untuk membagi tugas. Konsep ‘objek’ untuk memisahkan program menjadi bagian-bagian yang berdiri sendiri akan memudahkan dalam membuat program.
Saya tidak akan panjang lebar menjelaskan tentang keuntungan atau kerugian menggunakan OOP. Sebagai programmer web, OOP adalah salah satu makanan wajib. Pembuatan website modern saat ini akan lebih mudah jika menggunakan template kode program yang dikenal dengan framework. Daripada kita membuat situs mulai dari awal, menggunakan framework akan mempercepat proses kerja. Dan framework PHP hampir semuanya dibuat menggunakan OOP.


Pemrograman berbasis objek tidak hanya berisi ‘object’. Selanjutnya kita akan belajar OOP PHP, dan pertama kita akan membahas tentang pengertian class, object, property dan method. Keempat ‘keyword’ inilah yang menjadi pondasi dasar dari Pemrograman Berorientasi Objek. Selain pengertian, kita juga akan mempelajari cara penulisannya dengan PHP.
Untuk memudahkan pemahaman dan agar sejalan dengan istilah aslinya, saya tetap menggunakan istilah bahasa inggris untuk kata kunci PHP, seperti: class, object, property dan method.

Pengertian Class dalam Pemrograman Berbasis Objek

Class adalah ‘cetak biru’ atau ‘blueprint’ dari object. Class digunakan hanya untuk membuat kerangka dasar. Yang akan kita pakai nantinya adalah hasil cetakan dari class, yakni object.
Sebagai analogi, class bisa diibaratkan dengan laptop atau notebook. Kita tahu bahwa laptop memiliki ciri-ciri seperti merk, memiliki keyboard, memiliki processor, dan beberapa ciri khas lain yang menyatakan sebuah benda tersebut adalah laptop. Selain memiliki ciri-ciri, sebuah laptop juga bisa dikenakan tindakan, seperti: menghidupkan laptop atau mematikan laptop.
Class dalam analogi ini adalah gambaran umum tentang sebuah benda. Di dalam pemrograman nantinya, contoh class seperti: koneksi_database dan profile_user.
Di dalam PHP, penulisan class diawali dengan keyword class, kemudian diikuti dengan nama dari class. Aturan penulisan nama class sama seperti aturan penulisan variabel dalam PHP, yakni diawali dengan huruf atau underscore untuk karakter pertama, kemudian boleh diikuti dengan huruf, underscore atau angka untuk karakter kedua dan selanjutnya. Isi dari class berada dalam tanda kurung kurawal.
Berikut adalah contoh penulisan class dalam PHP :

Pengertian Property dalam Pemrograman Berorientasi Objek

Property (atau disebut juga dengan atribut) adalah data yang terdapat dalam sebuah class. Melanjutkan analogi tentang laptopproperty dari laptop bisa berupa merk, warna, jenis processor, ukuran layar, dan lain-lain.
Jika anda sudah terbiasa dengan program PHP, property ini sebenarnya hanyalah variabel yang terletak di dalam class. Seluruh aturan dan tipe data yang biasa diinput kedalam variabel, bisa juga diinput kedalam property. Aturan tata cara penamaan property sama dengan aturan penamaan variabel.

Berikut adalah contoh penulisan class dengan penambahan property :
Dari contoh diatas, $merk, $ukuran_layar dan $jenis_processor adalah property dari class laptop. Seperti yang kita lihat, penulisan property di dalam PHP sama dengan cara penulisan variabel, yakni menggunakan tanda dollar ($). Sebuah class tidak harus memiliki property.

Pengertian Method dalam Pemrograman Berorientasi Objek

Method adalah tindakan yang bisa dilakukan didalam class. Jika menggunakan analogi class laptop kita, maka contoh method adalah: menghidupkan laptopmematikan laptopmengganti cover laptop, dan berbagai tindakan lain.
Method pada dasarnya adalah function yang berada di dalam class. Seluruh fungsi dan sifat function bisa diterapkan kedalam method, seperti argumen/parameter, mengembalikan nilai (dengan keyword return), dan lain-lain.

Berikut adalah contoh penulisan class dengan penambahan method :
Dari contoh diatas, function hidupkan_laptop() dan function matikan_laptop() adalah method dari class laptop. Seperti yang kita lihat, bahwa penulisan method di dalam PHP sama dengan cara penulisan function. Sebuah class tidak harus memiliki method.

Pengertian Object dalam Pemrograman Berbasis Objek

Object atau Objek adalah hasil cetak dari class, atau hasil ‘konkrit’ dari class. Jika menggunakan analogi class laptop, maka objek dari class laptop bisa berupa: laptop_andi, laptop_anto, laptop_yukcoding, dan lain-lain. Objek dari class laptop akan memiliki seluruh ciri-ciri laptop, yaitu property dan method-nya.
Proses ‘mencetak’ objek dari class ini disebut dengan ‘instansiasi’ (atau instantiation dalam bahasa inggris). Pada PHP, proses instansiasi dilakukan dengan menggunakan keyword ‘new’. Hasil cetakan class akan disimpan dalam variabel untuk selanjutnya digunakan dalam proses program.

Sebagai contoh, berikut adalah cara membuat objek laptop_andi dan laptop_anto yang dibuat dari class laptop :
Dari contoh diatas, $laptop_andi dan $laptop_anto merupakan objek dari class laptop. Kedua objek ini akan memiliki seluruh property dan method yang telah dirancang dari class laptop.

Saya berharap kalian sudah punya gambaran dan faham tentang konsep pemrograman berorientasi objek.

Contoh implementasi pembuatan aplikasi OOP dengan PHP :
1. Membuat CRUD dengan PHP Mysqli OOP
2. Membuat Login dengan PHP Ekstensi mysqli OOP
3. Tambah dan Tampil Data dengan PHP PDO + jQuery AJAX
4. Edit dan Hapus Data dengan PHP PDO + jQuery AJAX

Semoga bermanfaat, happy coding :)
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)
Item Reviewed: Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek (OOP) 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Artikel Terkait:

masih susah paham soal oop -_-
Ane pertamanya juga susah gan, ane mulai faham OOP juga baru kok itungannya, dan ini juga masih terus belajar. Dibaca2 lagi dan coba cari referensi yg banyak mas, Insyallah suatu saat akan ada pencerahan 
This comment has been removed by a blog administrator.
Assalamualaikum... terima kasih atas explanation yang diberikan. Sungguh jelas dan saya lebih faham CRUD OOP. Terima kasih dari saya. Semoga tuan dapat lahirkan lebih ramai expert2 OOP PHP ini. 
This comment has been removed by the author.
Wa'alaikumsalam wr. wb.
Sama2, Amin.
Thanks 
assalamulaikum terimakasih ilmunya....
kebetulan walaupun saya jualan kaos online big sizetapi kebetulan tertarik dengan dunia programming oop. Alhamdulillah postingan ini membantu saya mempelajari konsep OOP
Wa'alaikumsalam wr. wb.
Sama2, Alhamdulillah 
Berkomentarlah dengan bahasa yang relevan dan sopan.. #ThinkHIGH! ^_^
Just load it!

Vastreader: Jokes, Stories, Money, Blogger, Computer, Grammar, Add Share Bookmark

Vastreader: Jokes, Stories, Money, Blogger, Computer, Grammar, Add Share Bookmark


Google Apps Update Today

Posted: 02 Feb 2016 11:30 AM PST

h1 a:hover {background-color:#888;color:#fff ! important;} div#emailbody table#itemcontentlist tr td div ul { ...

[[ This is a content summary only. Visit my website for full links, other content, and more! ]]

Monday, February 1, 2016

Konsep Dasar HTML (HyperText Markup Language)

HTML atau kalimat panjangnya HyperText Markup Language berupa kode-kode tag yang menginstruksikan penjelajah web untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan penjelajah web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka surel ataupun dari PDA dan perangkat lunak lain yang memiliki kemampuan browser. Dengan menggunakan perintah-perintah HTML memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas berikut:

    * Menentukan ukuran dan alur tulisan.
    * Mengintegerasikan gambar dengan tulisan.
    * Membuat Pranala.
    * Mengintegerasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.
    * Membuat form interaktif.

HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat tulisan ditampilkan menjadi tebal seperti: TAMPIL TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara: TAMPIL TEBAL. Tandadigunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh tulisan yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut. HTML lebih menekankan pada penggambaran komponen-komponen struktur dan formating di dalam halaman web daripada menentukan penampilannya.Sedangkan penjelajah web digunakan untuk menginterpretasikan susunan halaman ke gaya built-in penjelajah web dengan menggunakan jenis tulisan, tab, warna, garis, dan perataan text yang dikehendaki ke komputer yang menampilkan halaman web. Salah satu hal Penting tentang eksistensi HTML adalah tersedianya Lingua franca (bahasa Komunikasi) antar komputer dengan kemampuan berbeda. Pengguna Macintosh tidak dapat melihat tampilan yang sama sebagaimana tampilan yang terlihat dalam pc berbasis Windows. Pengguna Microsoft Windows pun tidak akan dapat melihat tampilan yang sama sebagaimana tampilan yang terlihat pada pengguna yang menggunakan Produk-produk Sun Microsystems. namun demikian pengguna-pengguna tersebut dapat melihat semua halaman web yang telah diformat dan berisi Grafika dan Pranala.

Menyunting Format Tulisan

HTML memungkinkan kita untuk menyunting tampilan atau format berkas yang akan kita kirimkan melalui media daring. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menentukan format berkas adalah :

    * Kita dapat menampilkan suatu kelompok kata dalam beberapa ukuran yang dapat digunakan untuk judul, heading dan sebagainya.
    * Kita dapat menampilkan tulisan dalam bentuk cetakan tebal
    * Kita dapat menampilkan sekelompok kata dalam bentuk miring
    * Kita dapat menampilkan naskah dalam bentuk huruf yang mirip dengan hasil ketikan mesin ketik
    * Kita dapat mengubah-ubah ukuran tulisan untuk suatu karakter tertentu.

Markup/Tanda

Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:

    * structural. tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah tulisan  yang akan memerintahkan browser untuk menampilkan sesuai format yang dimasukan.
    * presentational. tanda yang menentukan tampilan dari sebuah tulisan tidak peduli dengan level dari tulisan tersebut (contoh, boldface) akan menampilkan bold. Tanda presentational saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan tulisan,
    * hypertext. tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh, Wikipedia) akan menampilkan Wikipedia sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu,
    * Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (b u t t o n) , list dan garis horizontal, Konsep hypertext pada HTML memungkinkan kita untuk membuat link pada suatu kelompok kata atau frase untuk menuju ke bagian manapun dalam World Wide Web,

Ada tiga macam link yang dapat kita gunakan :

    * Link menuju bagian lain dari page
    * Link menuju page lain dalam satu web site
    * Link menuju resource atau web site yang berbeda.

Selain markup presentational , markup yang lain tidak menentukan bagaimana tampilan dari sebuah tulisan. Namun untuk saat ini, penggunaan tag HTML untuk menentukan tampilan telah dianjurkan untuk mulai ditinggalkan, dan sebagai gantinya digunakan Cascading Style Sheets.

HEAD

Bagian header dari document HTML di apit oleh tag di dalam bagian ini biasanya dimuat tag TITLE yang menampilkan judul dari halaman pada titlenya browser. Selain itu Bookmark juga megunakan tag TITLE untuk memberi mark suatu web site. Browser menyimpan “titile” sebagai bookmark dan juga untuk keperluan pencarian (searching) biasanya title di gunakan sebagai keyword. Header juga memuat tag META yang biasanya di gunakan untuk menentukan informasi tertentu mengenai document HTML, anda bisa menentukan author name, keywords, dan lainyan pada tag META.

Elemen Body

Bagian BODY, yang dinyatakan dengan tag …, merupakan tubuh atau isi dari dokumen HTML dimana anda meletakan informasi yang akan ditampilkan pada browser.

Tag

HTML tidak membedakan penggunaan huruf besar ataupun huruf kecil dari suatu elemen. Suatu elemen HTML terdiri dari tag-tag beserta teks yang ada dalam tag-tag tersebut. Tag ini dinyatakan dengan tanda lebih kecil (<) dan tanda lebih besar (>). Tag biasanya merupakan suatu pasangan yang disebut dengan : 1. Tag awal, dinyatakan dalam bentuk 2. Tag akhir, dinyatakan dalam bentuk 

Format : teks yang ditampilkan Contoh : untuk menampilkan teks dalam format teks miring Teks ini terlihat miring di browser anda.

Atribute

Tag awal bisa memiliki beberapa buah atribut yang menyatakan karakteristik dari tag tersebut. Misalnya :

digunakan untuk membuat rata kiri suatu paragraf. Tag yang digunakan adalah

dan atribut yang menyertainya adalah ALIGN dengan nilai left. Nilai atribut ALIGN hanya bisa berupa center, left, right atau justify.

Media Storage Berbasis Optic

Media Storage Berbasis Optic
Seperti kita ketahui penggunaan media storage yang berbasis optic sekarang makin marak, dari dulu yang hanya untuk menyimpan file format audio saja atau film saja sampai sekarang sudah sangat pesat perkembangannya. Netters dan Blogger sekalian dapat memanfaatkan media tersebut untuk menyimpan data-data penting, atau untuk backup beberapa aplikasi / software penting lainnya.

Teknologi pada kepingan Blue-Ray menggunakan laser biru dengan menggunakan panjang gelombang 405 nm, sedangkan CD dan DVD menggunakan laser merah, dengan panjang gelombang 780 nm untuk CD, serta 635-650 nm untuk DVD. Blue-Ray menggunakan 1 sampai 2 layer setiap kepingnya, yang tiap layernya mampu menampung 25 GB data, sehingga maksimum kapasitasnya adalah 50 GB. Pada CD hanya memiliki satu layer saja yang hanya mampu menyimpan 650-700 MB data, sedangkan DVD memiliki 2 layer. Blue-Ray mempunyai kecepatan akses 36 MB/s, lebih cepat dibandingkan CD yang hanya 1,2 MB/s dan DVD dengan 11 MB/s. Teknologi Blue-Ray sudah diimplementasikan pada Sony Playstation 3, untuk pemakaian pada PC, disc serta playernya dijual terpisah.

Belum sempat familiar dengan teknologi yang ada pada kepingan Blue-Ray sekarang kita sudah diberikan pilihan baru untuk media penyimpanan, yaitu Fluorescent Multilayer Disc (FM Disc). Teknologi ini awalnya dikembangkan oleh Constellation 3D, sebuah perusahaan yang bermarkas di AS yang memiliki laboraturium di Israel dan Rusia.

FM Disc sendiri merupakan perkembangan atas penemuan seorang kimiawan Rusia beberapa waktu sebelumnya. yaitu sebuah bahan organis yang bernama “stable photocrome”, sebuah bahan bila terkena sinar laser dapat memancarkan cahaya Fluoroscent.

Salah satu perbedaan mendasar adalah bila CD dan DVD permukaannya tergores, data akan sulit dibaca, sedangkan pada FM Disc hal tersebut tidak terjadi. Isinya akan tetap terbaca meskipun permukaannya tergores atau kotor. Karena sifat cahaya pada FM Disc bersifat incoherent berbeda dengan CD dan DVD yang bersifat coherent.

Dari segi bentuk, FM Disc memiliki bentuk seukuran dengan CD, DVD, dan Blue-Ray disc (BSD) tetapi transparan, tidak terdapat lapisan mengkilap seperi generasi sebelumnya. FM Disc memiliki lebih banyak layer, yaitu untuk kapasitas 50 GB diperlukan 12 layer dengan kecepatan akses yang sangat cepat mencapai 1 GB/s.

Untuk tahap awal, teknologi FM Disc masih menggunakan laser merah yang hanya mampu menampung sekitar 140 GB data. Dan untuk tahap berikutnya akan menggunakan laser biru dengan panjang gelombang 480 nm, dengan kapasitas mencapai 10 TB (Tera Byte). Sungguh merupakan kapasitas yang sangat luar biasa besar.

Kehadiran teknologi baru ini (Blue-Ray dan FM Disc) tertunya tidak akan langsung menggusur teknologi yang sudah ada sebelumnya. Hal ini tentunya akan membutuhkan proses yang lama, dapat kita lihat saja sampai sekarang masih ada yang mengunakan Disket. Namun sekarang setidaknya kita memilki banyak pilihan dalam memilih media penyimpanan yang kita butuhkan.

Berikut ini perbedaan drive untuk membaca data dari media CD, DVD dan Blue-Ray :

CD Room









DVD Room









Blue-Ray Room










Kalau kita cermati secara singkat, ukuran fisik media drive tersebut adalah sama dan standar, akan tetapi setelah kita telusuri lagi ternyata teknologi yang digunakan dalam proses pembacaan dan penulisan ke media optic tersebut sangatlah berbeda.



Pada gambar diatas menjelaskan tentang cara penyimpanan data pada CD, DVD dan Blue-Ray. CD dengan 780-nm Red Laser, DVD dengan 650-nm Red Laser dan Blue-Ray dengan 405-nm Blue-Laser.

Berikut adalah perbedaan bentuk kepingan antara CD, DVD, dan Blue-Ray :


Kepingan CD











Kepingan DVD 











Kepingan Blue-Ray
  








Blu-ray saat ini didukung oleh sekitar 200 produsen terkemuka di dunia elektronik, komputer pribadi, penulisan media, video game dan perusahaan-perusahaan musik. Format juga memiliki dukungan dari semua studio Hollywood dan studio-studio kecil yang tak terhitung sebagai ganti format DVD. Banyak studio juga mengumumkan bahwa mereka akan mulai meluncurkan fitur baru film di Blu-ray Disc up-to-date dengan DVD, serta batu tulis yang berkesinambungan katalog judul setiap bulan.

Dengan begitu banyak fitur yang dibawa, diharapkan konsep dan teknologi pada kepingan Blue-Ray ini akan menggantikan peran CD dan DVD sebagai media penyimpan data. Satu-satunya hal yang mungkin akan menjadi kendala saat ini adalah masalah harga, karena bila dibandingkan dengan disk DVD adalah jauh lebih mahal serta pemutar untuk keping jenis ini juga lebih mahal. Namun, banyak perusahaan pembuat komputer telah merencanakan untuk membuat komputer dengan kemampuan untuk membaca disk dalam format Blue-Ray yang akan terus membayangi penggunaan DVD atau CD.



sumber : dari berbagai sumber

Vastreader: Jokes, Stories, Money, Blogger, Computer, Grammar, Add Share Bookmark

Vastreader: Jokes, Stories, Money, Blogger, Computer, Grammar, Add Share Bookmark


Free Portable App: FileZilla Download for Windows

Posted: 31 Jan 2016 05:30 PM PST

Free Portable App: FileZilla Download for Windows: FileZilla 3.15.0 32-64 bit Multilingual: Fast and reliable cross-platform FTP, FTPS and SFTP client without installation. Download...

[[ This is a content summary only. Visit my website for full links, other content, and more! ]]

Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Modem

Belajar memahami pengertian modem, fungsi modem dan membedakan jenis-jenis modem dalam sebuah jaringan komputer. Modem merupakan sebuah alat yang fungsi utamanya adalah menyambungkan komputer atau PC ke internet dengan kata lain tanpa adanya modem komputer tidak dapat tersambung ke internet. Modem menjadi salah satu perangkat komputer yang mempunyai peranan penting dalam Perkembangan Komputer di dunia karena tanpa alat ini komputer tidak akan dapat tersambung ke internet, namun dengan terus berkembanganya teknologi belakangan ini nampaknya fungsi modem mulai tersisih oleh kehadiran wifi.

Modem pertama kali ditemukan oleh Dennis C. Hayes pada tahun 1977 dan pada saat itu modem dipergunakan untuk komputer personal (PC) dan terus mengalami perkembangan seperti saat sekarang ini. Modem merupakan kepanjangan dari modulator-demodulator. Modulater ialah bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan sedangkan pengertian demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (data atau pesan) dari sinyal pembawa yang di terima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. modem sendiri adalah penggabungan dari modulator dan demodulator yang artinya adalah alat komunikasi dua arah.

Pengertian Modem, Fungsi dan Jenis-jenisnya

Secara garis besar fungsi modem adalah sebagai berikut :
  • Flow Control : Modem mempunyai variasi yang berbeda dalam kecepatan pengiriman sinyalnya, dengan demikian akan menjadi masalah ketika mereka saling bertukar data. Dengan adanya flow control ini modem akan saling menyesuaikan kecepatan baik menerima ataupun yang mengirim data sehingga tidak terjadi overload.
  • Mengoreksi Error : Modem mempunyai fungsi dalam mendeteksi error yang dalam artian apakah informasi yang diterima rusak atau tidak. Modem yang terlibat dalam koreksi error ini membagi informasi ke dalam paket yang disebut frame. Sebelum mengirim informasi ini, modem akan melabelkan masing-masing frame dengan checksum. Checksum merupakan metode memeriksa redundansi dalam menyajikan data pada komputer. Modem yang menerima informasi tersebut akan langsung memeriksa apakah informasi tersebut sesuai dengan checksum yang dikirim oleh masing masing modem. Jika gagal untuk mencocokkan dengan checksum yang dikirim informasi tersebut akan dikirim kembali.
  • Mengompresi Data : Untuk mengompresi data akan dilakukan modem bersama dalam satuan bit yang dikirim. Bit tersebut dikelompokkan bersama oleh modem dan selanjutnya akan mengompresi mereka.

Berdasarkan Pemasangan pada komputer dan letaknya jenis-jenis modem dapat di bedakan menjadi dua yaitu Modem internal dan Eksternal.

1. Modem Internal
Pengertian Modem internal adalah modem yang bentuknya mirip dengan LAN card yang kita pasangkan yaitu pada salah satu slot komputer serta memakai power suplply dari PC. Modem internal merupakan modem yang letaknya di dalam CPU dan menancap langsung ke motherboard.

2. Modem Eksternal.
Pengertian Modem eksternal adalah modem yang letaknya di luar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan di hubungkan lagi ke adaptor kemudian disambungkan.

Berdasarkan jenis koneksinya, modem dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain sperti berikut :

1. Modem Analog.
Pengertian Modem Analog adalah modem yang menerima data dalam bentuk sinyal analog melalui suatu jaringan transmisi data setelah itu mengubahnya menjadi data digital untuk dikirimkan pada komputer, atau bisa juga sebaliknya. Modem analog biasanya digunakan untuk koneksi dial up melalui jaringan telepon, dan kemudian disebut modem dial up.

2. Modem DSL
Pengertian Modem DSL (digital subscriber line) adalah salah satu jenis modem yang digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi (PC) ke Internet.  Modem  DSL dapat menyediakan akses Internet yang cepat, karena dirancang untuk digunakan dengan koneksi DSL berkecepatan tinggi. Koneksi modem DSL dianggap jauh lebih cepat daripada koneksi dial-up internet. Selain kecepatan yang lebih besar, layanan DSL memungkinkan pengguna untuk berbicara di telepon sambil mengakses internet.

3. Modem Kabel
Modem Kabel (cable modem), adalah perangkat keras yang fungsinya menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream (kecepatan unduh ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan unggah dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet

4. Modem CDMA
Pengertian Modem CDMA (Code Division Multiple Acces) adalah sebuah modem nirkabel yang bekerja dengan jaringan CDMA serta menggunakan teknologi CDMA. CDMA lebih mengacu pada salah satu dari sekian banyak protokol komunikasi nirkabel generasi kedua (2G) dan generasi ke tiga (3G). CDMA menggunakan frekuensi ultra tinggi yakni 800-1900Hz.

5. Modem GSM.
modem GSM adalah modem yang menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer datanya. Modem GSM ini akan dapat digunakan untuk seluruh kartu koneksi dari provider apapun asalkan menggunakan kartu provider GSM, seperti misalnya kartu telekomunikasi (atau kartu koneksi)