Tuesday, November 17, 2015

Jenis-Jenis Jaringan Berdasarkan Metode Akses

1. Ethernet
Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972.
Proses standardisasi teknologi Ethernet akhirnya disetujui pada tahun 1985 oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), dengan sebuah standar yang dikenal dengan Project 802. Standar IEEE selanjutnya diadopsi oleh International Organization for Standardization (ISO), sehingga menjadikannya sebuah standar internasional dan mendunia yang ditujukan untuk membentuk jaringan komputer. Karena kesederhanaan dan keandalannya, Ethernet pun dapat bertahan hingga saat ini, dan bahkan menjadi arsitektur jaringan yang paling banyak digunakan.
Berikut ini adalah jenis-jenis Ethernet apabila dilihat berdasarkan kecepatannya:
Tabel 1
Jenis-jenis Ethernet Berdasarkan Kecepatannya
No
Kecepatan
Standar
Spesifikasi IEEE
Nama
110 Mbit/detik10Base2, 10Base5, 10BaseF, 10BaseTIEEE 802.3Ethernet
2100 Mbit/detik100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTXIEEE 802.3uFast Ethernet
31000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX, 1000BaseTIEEE 802.3zGigabit Ethernet
410000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik11mm/.llStandar ini belum banyak diimplementasikan
(Sumber: Wikipedia)
Ethernet menggunakan metode kontrol akses media Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection (CSMA/CD) untuk menentukan node mana yang dapat mentransmisikan data pada waktu tertentu melalui media yang digunakan. Dalam jaringan yang menggunakan teknologi Ethernet, setiap komputer akan “mendengar” terlebih dahulu sebelum “berbicara”, artinya mereka akan melihat kondisi jaringan apakah tidak ada komputer lain yang sedang mentransmisikan data. Jika tidak ada komputer yang sedang mentransmisikan data, maka setiap komputer yang mau mengirimkan data dapat mencoba untuk mengambil alih jaringan untuk mentransmisikan sinyal. Sehingga, dapat dikatakan bahwa jaringan yang menggunakan teknologi Ethernet adalah jaringan yang dibuat berdasarkan basis First-Come, First-Served(Memprioritaskan yang pertama), daripada melimpahkan kontrol sinyal kepada Master Stationseperti dalam teknologi jaringan lainnya.
Jika dua node hendak mencoba untuk mentransmisikan data pada waktu yang sama, maka kemungkinan akan terjadi collision (kolisi/tabrakan), yang akan mengakibatkan dua node tersebut menghentikan transmisi data, sebelum akhirnya mencoba untuk mengirimkannya lagi pada interval waktu yang acak (yang diukur dengan satuan milidetik). Semakin banyak node dalam sebuah jaringan Ethernet, akan mengakibatkan jumlah kolisi yang semakin besar pula dan kinerja jaringan pun akan menjadi buruk. Kinerja Ethernet yang seharusnya 10 Mbit/detik, jika dalam jaringan terpasang 100 node, umumnya hanya menghasilkan kinerja yang berkisar antara 40% hingga 55% dari bandwidth yang diharapkan (10 Mbit/detik). Salah satu cara untuk menghadapi masalah ini adalah dengan menggunakan Switch Ethernet untuk melakukan segmentasi terhadap jaringan Ethernet ke dalam beberapa collision domain.
Collision Domain
Perangkat Ethernet telah mengalami perkembangan atau varian yang dapat mendukung transfer data lebih tinggi. Masing-maing varian dari Ethernet telah diberi nama dengan nama kode tertentu seperti dalam tabel berikut ini:
Tabel 2
Keluarga DIX Etthernet dan IEEE 802.3
Standar Ethernet
Tahun/tanggal
Keterangan
Experimental Ethernet1972Protokol Ethernet yang pertama, yang mampu mentransmisikan data melalui kabel koaksial dan topologi bus dengan kecepatan 2,94 megabit per detik.
Ethernet II (DIX 2.0)1982Protokol Ethernet hasil pengembangan selanjutnya, yang mampu mentransmisikan data melalui kabel koaksial tipis (thinnet), dengan kecepatan 10 megabit per detik. Pada standar ini juga diperkenalkan field EtherType. Format frame ini juga yang digunakan oleh protokol-protokol di dalam protokol Internet (TCP/IP).
IEEE 802.31983Protokol Ethernet standar 10BASE5 yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 10 Megabit per detik melalui kabel koaksial tebal (thicknet). Protokol ini sama seperti halnya DIX, kecuali pada fieldEtherType diganti oleh Length, dan sebuah header IEEE 802.2 yang menyertai header IEEE 802.3. Lebih jelasnya lihat di bagian bawah.
IEEE 802.3a1985Protokol Ethernet standar 10BASE2 yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 10 Megabit per detik melalui kabel koaksial tipis (thinnet).
IEEE 802.3b198510Broad36
IEEE 802.3c1985Spesifikasi repeater jaringan dengan kecepatan 10 megabit per detik.
IEEE 802.3d1987Fiber-Optic Inter-Repeater Link (FOIRL)
IEEE 802.3e198710Base5 atau StarLAN
IEEE 802.3i1990Standar Ethernet 10BaseT, yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 10 megabit per detik melalui kabel tembaga yang dipilin (twisted pair).
IEEE 802.3j1993Standar Ethernet 10BaseF, yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 10 megabit per detik melalui kabel serat optik (Fiber-optic).
IEEE 802.3u1995Standar Fast Ethernet 100BaseTX, 100BaseT4, 100BaseFX, yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 100 megabit per detik melalui kabel tembaga yang dipilin (twisted pair) dan juga menawarkan fungsi autonegotiation.
IEEE 802.3x1997Full duplex dan flow control
IEEE 802.3y1998Standar Fast Ethernet 100BaseT2, yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 100 megabit per detik melalui kabel tembaga yang dipilin (twisted pair) kualitas rendah.
IEEE 802.3z1998Standar Gigabit Ethernet 1000Base-X, yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 1000 megabit per detik (1 gigabit per detik) melalui kabel serat optik (fiber-optic).
IEEE 802.3-19981998Revisi standar dasar yang menggabungkan semua amandemen dan ralat di atas.
IEEE 802.3ab1999Standar Gigabit Ethernet 1000BaseT, yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 1000 megabit per detik (1 gigabit) melalui kabel tembaga yang dipilin (twisted pair).
IEEE 802.3ac1998Ukuran frame maksimum diperluas hingga 1522 byte (untuk mengizinkan “Q-tag”). Q-tag mencakup informasi Virtual Local Area Network (VLAN) IEEE 802.1Q dan informasi prioritas IEEE 802.1p.
IEEE 802.3ad2000Link aggregation untuk saluran-saluran paralel.
IEEE 802.3-20022002Sebuah revisi yang menggabungkan tiga amandemen terakhir dan ralat.
IEEE 802.3ae2003Standar 10 Gigabit Ethernet 10GBase-SR,10GBase-LR, 10GBase-ER, 10GBase-SW, 10GBase-LW, dan 10GBase-EW yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 10000 megabit per detik (10 gigabit).
IEEE 802.3af2003Power over Ethernet (PoE)
802.3ah2004Ethernet in the First Mile
IEEE 802.3ak2004Standar 10 Gigabit Ethernet 10GBase-CX4, yang mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 10000 megabit per detik (10 gigabit) melalui kabel twin-axial.
IEEE 802.3-20052005Revisi standar dasar yang menggabungkan empat amandemen dan ralat di atas.
(sumber: Wikipedia)
Ethernet dapat menggunakan topologi jaringan fisik apa saja (bisa berupa topologi bus, topologi ring, topologi star atau topologi mesh) serta jenis kabel yang digunakan (bisa berupa kabel koaksial (bisa berupa Thicknet atau Thinnet), kabel tembaga (kabel UTP atau kabel STP), atau kabel serat optik). Meskipun demikian, topologi star lebih disukai. Secara logis, semua jaringan Ethernet menggunakan topologi bus, sehingga satu node akan menaruh sebuah sinyal di atas bus dan sinyal tersebut akan mengalir ke semua node lainnya yang terhubung ke bus.
2. Token Ring
Token Ring
Token Ring adalah sebuah protokol LAN hasil pengembangan IBM pada tahun 1980 yang saat ini didefinisikan dalam IEEE 802,5 dimana semua node terhubung dalam sebuah cincin dan setiap node langsung bisa mendengar transmisi hanya dari tetangga terdekatnya. Izin untuk mengirimkan diberikan dengan pesan (token) yang beredar di sekitar ring. Token ring telah diimplementasikan pada topologi ring.
Pada awalnya, IBM membuat Token Ring sebagai pengganti untuk teknologi Ethernet (IEEE 802.3) yang merupakan teknologi jaringan LAN paling populer. Meskipun Token Ring lebih superior dalam berbagai segi, Token Ring kurang begitu diminati mengingat biaya implementasinya lebih tinggi jika dibandingkan dengan Ethernet.
Sepintas, apabila dilihat sekilas maka Token Ring tampak seperti jaringan bertopologi star yang memiliki sentral berupa sebuah hub/switch, bedanya pada token ring, sentral itu disebutMultistation Access Unit (MAU). Elemen kunci dari desain Token Ring milik IBM ini adalah penggunaan penyambung buatan IBM sendiri (proprietary), dengan menggunakan kabel pasangan berpilin (twisted pair pada kabel UTP atau STP), dan memasang hub aktif yang berada di dalam sebuah jaringan komputer.
Dengan Token-Ring, peralatan network secara fisik terhubung dalam konfigurasi (topologi) ring di mana data dilewatkan dari node satu ke node yang lain secara berurutan. Sebuah paket kontrol yang dikenal sebagai token akan berputar-putar dalam jaringan ring ini, dan dapat dipakai untuk pengiriman data. Node yang ingin mentransmit data akan mengambil token, mengisinya dengan data yang akan dikirimkan dan kemudian token dikembalikan ke ring lagi. Node penerima/tujuan akan mengambil token tersebut, lalu mengosongkan isinya dan akhirnya mengembalikan token ke pengirim lagi. Protokol semacam ini dapat mencegah terjadinya collision/kolisi data (tumbukan antar pengiriman data) dan dapat menghasilkan performansi yang lebih baik, terutama pada penggunaan high-level bandwidth.
3. Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
FDDI
FDDI mirip dengan Token Ring namun menggunakan dual-ring, salah satu ring berfungsi sebagai backup ketika ring utama mengalami kegagalan. FDDI menggunakan serat optik untuk media transmisi data standarnya. Selain optical fiber, media yang digunakan dapat pula dengan media kawat tembaga, tetapi dalam hal ini digunakan teknologi yang hampir mirip dengan FDDI yakni Coper Distributed Data Interface (CDDI). FDDI menyediakan kecepatan hingga 100 Mbit/s dan mampu menjangkau jarak sampai dengan 200 km. LAN FDDI dapat mendukung ratusan pengguna.
4. Wireless LAN
Wireless LAN
Akhir-akhir ini berkembang sebuah teknologi baru untuk LAN yang disebut Wireless LAN (WLAN). Pada WLAN tidak ada satupun kabel network. Proses instalasi jaringan komputer menjadi lebih praktis dan komputer mudah untuk dipindahkan (mobile). Sebagian besar WLAN modern berlandaskan dari standar IEEE 802.11, dibawah merek dagang Wi-Fi.
Teknologi WLAN membutuhkan perangkat keras Acces Point untuk jangkauan area yang lebih luas. Semua komputer dihubungkan dengan gelombang radio. Para ahli ada yang berpendapat bahwa Wireless Network tidak hanya menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi data, tetapi juga cahaya seperti LASER, dan Infrared, walaupun untuk wireless network sangat jarang dan hanya digunakan untuk komunikasi point-to-point yang hanya melibatkan dua titik sambungan saja.
Secara topologi teknologi WLAN menggunakan 2 macam kemungkinan sebagai berikut:
a. Infrastructure atau Managed : dalam topologi ini diperlukan setidaknya sebuah Acces Pointsebagai pengatur traffic network. Topologi ini cocok digunakan untuk menjangkau WLAN yang sedang atau besar.
b. Ad-Hoc atau Unmanaged: pada topologi ini tidak diperlukan Acces Point, setiap komputer dapat terhubung secara peer-to-peer. Topologi ini cocok untuk menhubungkan beberapa buah komputer saja.
Perangkat yang dikembangkan untuk WLAN antara lain:
a. Wireless Fidelity (WiFi) adapter. Dapat dianalogikan Ethernet Card pada LAN.
b. Access Point (AP). Dapat dianalogikan dengan Hub/Switch pada LAN.
c. Printer WiFi, Camera WiFi, handphone WiFi, dan sebagainya.
Tabel 3
Keluarga IEEE 802.11
Rilis
Protokol
Freq.
(GHz)
Bandwidth
(MHz)
Data rate per stream
(Mbit/s)
Modulasi
Perkiraan Jangkauan indoor
Perkiraan Jangkauan outdoor
(m)
(m)
Jun 1997IEEE 802.112.4201, 2DSSS, FHSS
20
100
Sep 1999IEEE 802.11a5206, 9, 12, 18, 24, 36, 48, 54OFDM
35
120
3.7
5,000
Sep 1999IEEE 802.11b2.4205.5, 11DSSS
35
140
Jun 2003IEEE 802.11g2.4206, 9, 12, 18, 24, 36, 48, 54OFDM, DSSS
38
140
Oct 2009IEEE 802.11n2.4/5207.2, 14.4, 21.7, 28.9, 43.3, 57.8, 65, 72.2OFDM
70
250
4015, 30, 45, 60, 90, 120, 135, 150
70
250
Nov. 2011IEEE 802.11ac (Draf)580433, 867
160867, 1.73 Gbit/s, 3.47 Gbit/s, 6.93 Gbit/s
(Sumber: Wikipedia)
DAFTAR ISTILAH
Node: Perangkat yang menjadi suatu titik awal atau akhir dimana data dalam sebuah jaringan ditransmisikan, dikirim ataupun diterima.
Bandwith: Di dalam jaringan Komputer, Bandwidth sering digunakan sebagai suatu sinonim untuk data transfer rate yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (pada umumnya dalam detik). Jenis Bandwidth ini biasanya diukur dalam bps (bits per second). Adakalanya juga dinyatakan dalam Bps (bytes per second). Suatu modem yang bekerja pada 57,600 bps mempunyai Bandwidth dua kali lebih besar dari modem yang bekerja pada 28,800 bps. Secara umum, koneksi dengan Bandwidth yang besar/tinggi memungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengiriman gambar/images dan video.
Baseband: adalah sebuah metode penggunaan media komunikasi yang frekuensinya dilewatkan melalui suatu pembawa (carrier) untuk mengalirantarkan (transmit) data. Oleh karena itu, dalam satu media tersebut hanya terdapat satu sinyal yang berisi informasi. Salah satu contoh pengguna metode baseband adalah ethernet. Sedangkan, lawan baseband adalah broadband.
Broadband: merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis broadband yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.
Half-duplex: setiap node dapat menerima atau mengirim data tapi tidak dapat melakukan keduanya secara sekaligus, melainkan harus dilakukan secara bergiliran.
Full-duplex: setiap node dapat menerima dan mengirim data dan melakukannya keduanya secara sekaligus.
REFERENSI
REFERENSI GAMBAR

Keluarga Sistem Operasi

KELUARGA SISTEM OPERASI

Gambar: Berbagai macam contoh sistem operasi
Gambar: Berbagai macam contoh sistem operasi
Keberadaan sistem operasi memegang peranan sangat penting dalam perkembangan teknologi informasi. Ini karena hampir semua aplikasi saat ini berjalan dan memerlukan sistem operasi. Sistem operasi ada banyak jenisnya seperti sistem operasi terbuka (open source) dan tertutup (proprietary). Oleh karena tidak ada batasan dalam penggunannya sistem operasi terbuka dapat dikembangkan dan dimodifikasi oleh banyak orang ataupun organisasi. Ragam sistem operasi juga saat ini sudah sangat banyak, diantaranya yang populer saat ini adalah Windows, Mac Os, dan Linux.
Perkembangan sistem operasi modern (sudah mendukung multitasking dan multiuser) diawali oleh UNIX yang dibangun pada tahun 1969 oleh AT&T Bell Labs, termasuk didalamnya Ken Thompson, Dennis Ritchie, Brian Kernighan, Douglas McIlroy, dan Joe Ossana. Saat ini UNIX sudah jauh berkembang sehingga terdiri dari bermacam variasi berkat AT&T, berbagai vendor komersial, lembaga non-profit dan universitas.
Diera tahun 70-an sampai 80-an, Personal Computer (PC) sudah memiliki sistem operasi dengan level abstraksi yang tinggi yang disimpan di memori sekunder seperti harddisk drive dan floppy disk drive. Sistem operasi semacam ini disebut dengan Disk Operating System(DOS). Contoh sistem operasi yang terkenal adalah OS/2 yang di buat oleh perusahaan IBM dan Microsoft. Antar muka sistem operasi di era ini masih berupa text sehingga relatif sulit untuk dioperasikan pengguna awam.
Mac OS atau Macintosh Operating System merupakan sistem operasi pertama yang sukses dengan antar muka grafis (GUI), sistem operasi tersebut diperkenalkan oleh Apple Computer pada tahun 1984. Sistem operasi modern untuk PC saat ini didominasi oleh Microsoft Windows yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985. Popularitas Windows saat ini mendapat perlawanan dari Linux dengan sifat open sourcenya dan dukungan pengembangan berbagai distro. Linux merupakan keluarga sistem operasi mirip UNIX, Kernel Linux disusun pertama kali oleh Linus Torvalds pada tahun 1991.
Era tahun 2000-an merupakan awal tren Mobile Computing, yang saat ini sistem operasi perangkatnya didominasi oleh Android, iOS, Blackberry OS, Windows Phone dan Symbian.
Sistem Operasi jaringan virtual juga berkembang, sehingga dalam satu jaringan hanya diinstal satu buah Sistem Operasi pada perangkat Server. Pada masa ini, diperkenalkan virtualization sistem yaitu satu komputer dapat diclonning secara virtual menjadi lebih dari satu komputer (sistem operasi) yang dapat bekerja bersama-sama. Ada juga Cross Platform Operating System (multiboot system) yang dapat menggabungkan dua atau lebih Sistem Operasi berbeda dalam 1 komputer yang sama seperti: Linux dan Windows.
Berikut ini adalah beberapa daftar keluarga sistem operasi yang marak digunakan.
  1. Keluarga Windows :
  • Berbasis MS-DOS: MS-DOS, Windows 1.0 , Windows 2.0, Windows 2.1x, Windows 3.0, Windows 3.1x
  • Windows 9x: Windows 95, Windows 98, Windows Me
  • Berbasis Windows NT: Windows NT 3.1, Windows NT 3.5, Windows NT 3.51, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP (edisi), Windows Server 2003, Fundamentals for Legacy PCs, Windows Vista (edisi), Windows Home Server, Windows Server 2008, Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows 8, Windows 10
  • Keluarga Windows CE: CE 1.0, CE 2.0, CE 3.0, CE 4.0, CE 5.0, CE 6.0, Mobile
  1. Keluarga UNIX :
  • AIX
  • AmigaOS
  • BSD
  • DragonFly BSD
  • Free BSD
  • GNU
  • HP-UX
  • IRIX
  • Linux
  • LynxOS
  • MINIX
  • NetBSD
  • OpenBSD
  • OS X
  • Plan 9
  • QNX
  • Research UNIX
  • SCO OpenServer
  • Solaris
  • UNIX System V
  • Tru64 UNIX
  • UnixWare
  • VxWork
  • Xenix
  1. Keluarga Mac OS:
  • PC : Public Beta (Kodiak), Mac OS X 10.0 (Cheetah), Mac OS X 10.1 (Puma), Mac OS X 10.2 (Jaguar), Mac OS X 10.3 (Panther), Mac OS X 10.4 (Tiger), Mac OS X 10.5 (Leopard), Mac OS X 10.6 (Snow Leopard), Mac OS X 10.7 (Lion), Mac OS X 10.8 (Mountain Lion).
  • Server : OpenStep, Raphsody, Mac OS X Server 1.0
  • Mobile: iOS

Monday, November 16, 2015

Cara Menghapus Aktivitas Pencarian Google

Bangiz - Google merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia. Ada banyak produk diciptakan oleh Google, tapi untuk menikmatinya Anda hanya memerlukan satu akun Google saja. Dari sekian banyak produk pastinya hanya sedikit saja yang Anda ketahui, kecuali untuk Anda yang benar-benar mengikuti perkembangan produk serta layanannya. Perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda masuk dengan akun Google baik itu masuk ke Gmail, YouTube, maupun Pencarian Google atau lainnya semua itu ada  rekaman catatannya.
Cara Menghapus Aktivitas Pencarian Google
Hapus aktivitas pencarian Google
Data pengguna tersebut berguna untuk mengenal minat dan preferensi sehingga mereka dapat menganalisa dan memahami keinginan para pengguna. Salah satunya yaitu akan berguna dalam dunia periklanan dimana Google dikenal sebagai perusahaan internet yang bisa menampilkan iklan berdasarkan minat, penelusuran,  atau artikel terkait.

Meskipun hanya Anda dan Google saja yang tahu, tapi tidak menutup kemungkinan dapat juga digunakan untuk tujuan investigasi oleh pihak Kepolisian jika memang itu diperlukan. Jadi pergunakan internet dengan bijak.

Menghapus Aktivitas Pencarian Google

Perlu penulis tekankan bahwa menghapus aktivitas pencarian di akun Google berbeda dengan hanya menghapus histori pada browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Baidu, dan sebagainya. Jika Anda belum tahu, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Silahkan masuk ke salah satu layanan Google
2. Kunjungi halaman https://history.google.com
3. Buka menu (klik tanda titik 3 seperti pada gambar) lalu pilih Opsi penghapusan

Opsi penghapusan
Opsi penghapusan
4. Pada jendela munculan ada tiga pilihan yaitu hari ini, kemarin, dan lanjutan (lihat poin 5)
Hapus aktivitas web & aplikasi
Hapus aktivitas web & aplikasi
5. Pada opsi lanjutan tersedia 2 pilihan yaitu empat minggu terakhir atau sepanjang waktu. Setelah opsi terpilih, berikutnya pilih Hapus.
Opsi penghapusan lanjutan
Opsi penghapusan lanjutan
6. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan, yaitu menghapus aktivitas web & aplikasi dapat membatasi produk seperti Google Mps dan Google Now, untuk memberikan hasil yang disesuaikan kepada Anda. Klik Hapus jika Anda setuju.
Pemberitahuan hapus aktivitas
Pemberitahuan hapus aktivitas
Selain itu, Anda juga bisa melihat situs mana yang dikunjungi berdasarkan minggu, bulan, tahun, atau sepanjang waktu. Untuk menghapus pencarian per item, pada halaman https://history.google.com tinggal scroll ke bawah dimana akan menemukan aktivitas pencarian terbaru. Cara menghapusnya cukup mudah yaitu dengan mencentang kotak lalu pilih hapus atau delete, tergantung pengaturan bahasa.

Delete aktivitas pencarian
Delete aktivitas pencarian

Demikian cara menghapus aktivitas pencarian di akun Google. Mudah-mudahan berguna dan menambah pengetahuan yang tadinya belum tahu menjadi tahu. Apabila Anda ingin lebih menjaga privasi bisa menggunakan New Private Windows pada masing-masing browser.

Download SBK15 Apk + Data v1.1.1 Mod Unlocked Full Version Terbaru

Cover art

Free Download SBK15 Apk + Data v1.1.1 Mod Unlocked Full Version Terbaru || Hai Sobat Hirudo semua. Kemarin lihat gak pertandingan MotoGP yang diadakan di Valencia ?? Pertandingannya seru banget kan. Apalagi si Rossi yang start di posisi paling akhir bisa finish di posisi ke empat. Keren kan. Nah, pada kesempatan kali ini Saya akan mengajak kalian untuk merasakan sensasi mengnedarai motor sport yang sama dengan Rossi dengan menggunakan aplikasi game untuk Android. Nama Gamenya yaitu SBK15. ( Download game balapan 3D Real racing 3 MOD all cars Gratis disini )

Game SBK15 buatan dari Digital Tales S.r.l. dan dikembangkan bersama dengan Organisasi Dorna WSBK untuk memastikan representasi akurat dari gaya balap Superbike dan menawarkan aksi pengalaman balap motor paling realistis pada Android. Dalam game ini Kalian akan merasakan bagaimana sensasi ber-motoGP yang tidak akan kalian dapatkan dimanapun. Penasaran dengan gamenya kan ? Langsung aja download gamenya di link yang sudah Saya sediakan dibawah artikel ini.

SCREENSHOOT

  SBK15 Official Mobile Game- tangkapan layar

  SBK15 Official Mobile Game- tangkapan layar

  SBK15 Official Mobile Game- tangkapan layar

  SBK15 Official Mobile Game- tangkapan layar

  SBK15 Official Mobile Game- tangkapan layar

LIHAT VIDEONYA DIBAWAH INI




REQUIRED SYSTEM : 4.0 AND UP
FILE SIZE : 239 MB
MOD : UNLOCKED FULL VERSION

LINK DOWNLOAD

Download SBK15 APK + DATA PART LINK


Download dan Install Aplikasi ini Untuk Download dengan kecepatan penuh
Klik Disini


Cara install :

  1. Download Apk MOD dan Data diatas, single link atau multi part sama saja.
  2. Kemudian ekstrak
  3. Pindahkan folder data ke Internal/Android/obb/
  4. Instal apk Mod, BUKA

Download Iron Kill: Real Robot Boxing V1.4.82 MOD APK + DATA Unlimited Money Terbaru

Cover art

Free Download Iron Kill: Real Robot Boxing V1.4.82 MOD APK + DATA Unlimited Money Terbaru || Hai Sobat Hirudo semua. Pada kesempatan yang lalu Saya pernah membagikan game Tinju yang lakonnya itu adalah manusia kan ?? Nah sekarang Saya akan membagikan sebuah Game Tinju lagi yang lakonnya bukan manusia, melainkan para robot-robot yang keren-keren dan canggih-canggih. Game ini juga gak kalah bagusnya sama game tinju yang manusia itu. Nama gamenya yaitu Iron Kill: Real Robot Boxing. ( Download juga game tinju Real Boxing disini Gratis ).

Iron Kill: Real Robot Boxing adalah game tinju antar robot yang bersaing merebutkan juara. Ada sekitar 26 robot yang berbeda dengan skill dan bentuk yang berbeda pula. Kita bisa mengupgrade Robot Kita biar jadi kuat dan tahan banting. Ketika bertanding ada juga robot yang membawa senjata ketika bertanding. Tapi jangan minder dulu, belum tentu yang mbawa senjata pasti menang kan..??? Nah penasaran dengan game ini kan ?? Langsung aja download gamenya di link yang sudah Saya sediakan dibawah artikel ini.


SCREENSHOOTS

  Iron Kill: Real Robot Boxing- tangkapan layar

  Iron Kill: Real Robot Boxing- tangkapan layar

  Iron Kill: Real Robot Boxing- tangkapan layar

  Iron Kill: Real Robot Boxing- tangkapan layar

  Iron Kill: Real Robot Boxing- tangkapan layar


LIHAT VIDEO PERMAINANNYA DISINI



REQUIRED SYSTEM : 4.0 AND UP
FILE SIZE : 72 MB

Link Download
What's in the Mod

  • Mod Unlimited Money

Pengertian Slot Ekspansi

Slot expansi adalah tempat pada motherboard yang digunakan untuk card tambahan.PCI(Peripheral Component Interconnect) merupakan bus yang tidak tergantung pada prosesor dan bandwidth tinggi yang berfungsi sebagai bus peripheral. PCI memberikan system yang lebih baik bagi subsistem I/O berkecepatan tinggi. PCI dirancang untuk memenuhi kebutuhan I/O. PCI mulai diterapkan pada tahun 1990 berbasis Pentium oleh intel. Untuk PCI yang 2.0 adalah versi saat ini yang dimunculkan tahun 1993. Biasanya PCI itu digunakan lebih utama untuk mendukung bermacam-macam konfigurasi berbasis microprosesor. Untuk struktur bus umumnya PCI dapat dikonfigurasikan sebagai bus 32 bit atau 64 bit. Sedangkan setiap transfer data pada bus PCI merupakan transaksi yang terdiri dari fase alamat dan fase data. PCI juga memanfaatkan aturan-aturan sentral dan sinkron yang masternya memiliki request unik (REQ) dan signal grant (GNT).


Setelah munculnya bus ISA yang mempunyai keterbatasan kecepatan dan jumlah bit, dikenalkan lagi bus EISA (Extended ISA), VESA (Video Electronics Standard Association) dan PCI, karena hadirnya mikroprosesor kecepatan tinggi seperti 486 dan Pentium dibutuhkan bus dengan bandwith kecepatantinggi. PCI berbasis pada local bus yang cepat. Pada perkembangannya, PCI diadopsi menjadi standar industri di bawah administrasi dari PCI Special Interest Group (PCI-SIG) yang kemudian definisi dari PCI diperluas menjadi konektor standa interface bus (slot) ekspansi.
PCI mempunyai interface sebesar 64 bit dan mengimpelentasikan lebar jalur 32 bit untuk bus data dan alamat (AD[31:0]) (bandingkan dengan ISA ,16 bit). PCI ialah bus dengan arsitektur sinkronous, yakni bus dimana semua transfer data dijalankan secara relatif bersamaan terhadap pulsa detak kartu grafis tanpa mengganti motherboard, maka sebaiknya pilih motherboard yang telah menyediakan interface PCI, karena interface ini masih akan berkembang lebih lanjut.