Tuesday, November 19, 2013

4 Aplikasi Jejaring Sosial Android Terpopuler Tahun 2013


4 Aplikasi Jejaring Sosial Android Terpopuler Tahun 2013 - Tahun 2013 sudah hampir berlalu. Ada baiknya saya menuliskan beberapa aplikasi android jejaring sosial yang paling populer. Mungkin sudah banyak sekali aplikasi yang tersedia di Google Play. Namun disini admin suka download ingin memilihkan aplikasi jejaring sosial yang populer di gunakan oleh pengguna android pada umumnya.

Beberapa aplikasi jejaring sosial di bawah ini wajib dimiliki oleh semua pengguna smartphone android. Untuk apa? Agar bisa selalu terhubung dengan teman-teman/komunitas online di jejaring sosial kamu. Yuk lihat aplikasi apa saja yang harus dimiliki.


  • Facebook
    Facebook saat ini masih saja merajai social media. Facebook tercatat paling banyak digunakan pengguna Android. Saat ini Facebook telah diunduh 8.944.369 kali di Google Play Store. Download Facebook for android
  • Instagram
    Instagram menjadi begitu populer sejak awal kemunculannya sebagai aplikasi photo sharing. Aplikasi ini digunakan oleh 6.420.730 pengguna Android. Download Istagram for android
  • Twitter
    Twitter pun tidak kalah dari persaingan social media saat ini. Aplikasi yang menawarkan tweet sepanjang 140 karakter ini berhasil menarik 1.228.945 pengguna Android. Download twitter for android
  • Path
    Meski belum menjaring pengguna sebanyak ketiga social media yang sebelumnya, Path dirasa cukup pesat perkembangannya. Aplikasi ini menawarkan layanan hamper sama seperti Twitter dan digabungkan dengan layanan yang hamper sama dengan Instagram serta dilengkapi dengan music dan location sharing. Download Path for Android

Download Ebook Bimbingan Shalat Fardlu


Bagi kaum muslim yang berakal sehat dan sudah baligh, shalat fardhu merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan setiap harinya, apabila kita meninggalkannya maka kita akan mendapat balasan berupa dosa dan bagi yang melaksanakannya Insya Allah akan mendapatkan pahala. Tujuan dari shalat fardhu sendiri yakni untuk mencegah perbuatan keji dan munkar. Sedangkan perintah untuk melaksanakan shalat fardhu datang atas perintah dari Allah SWT yang kemudian disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW pada saat isra’ dan di mi’raj.

Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam surat An-Nisa’ : 103 “Maka dirikanlah shalat itu, sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”
Dari potongan ayat Al-Qur’an diatas jelaslah bagi kita yang beriman untuk melaksanakan shalat fardhu. Oleh karena itu marilah kita sebagai kaum Muslim yang beriman untuk selalu melaksanakan perintah Allah itu yakni melaksanakan shalat fardhu.

Nah, bagi yang sedang mencari Panduan Bimbingan Sholat Fardhu, sobat dapat mendownloadnya via blog ini. Pada ebook Bimbingan Shalat Fardlu ini membahas mulai dari thaharah, berwudlu, sampai bacaan-bacaan shalat. Insya Allah ebook ini bermanfaat untuk sobat yang membutuhkannya.

Ok, tanpa basa-basi lagi berikut link download Ebook Panduan Bimbingan Sholat Fardhu

Felis V 1.95 Premium Wordpress Themes Serbaguna Gratis

UOlqi4o.jpg (590×300)


Felis Wordpress Themes sebenarnya adalah premium themes, namun disini saya akan membagikannya secara gratis kepada anda. Namun dengan catatan tidak untuk dikomersialkan. Sebelumnya saya juga sudah membagikan link download Kallyas versi ke 3.4 bisa anda cek disini : KALLYAS v3.4 Gratis Premium Wordpress Themes Download

Felis Wordpress themes ini merupakan themes wordpress yang bisa dibilang elegan. Namun anda perlu catat sebelumnya, themes ini hanya untuk situs atau blog yang menggunakan wordpress self hosting. Jadi jika kamu menggunakan layanan blog wordpress.com, kamu belum bisa menggunakan tema ini.

Banyak fitur yang anda akan dapatkan ketika menggunakan themes ini. Karena memang ini adalah themes wordpress premium. Jadi fitur yang ada juga kebanyakan premium. Salah satu fitur unggulannya adalah themes ini didukung slider yang keren. Selain itu dilengkapi dengan Google Font pula. Jadi sangat mendukung ketika anda ingin membuat sebuah web perusahaan yang tampil bersih dan elegan.

Monday, November 18, 2013

6 Profil Pengguna Internet Oleh Hermawan Kertajaya

Saat ini teknologi telah menciptakan dunia kedua. Masyarakat di dalam dunia kedua ini adalah mereka yang terkoneksi dengan internet. Dengan kata lain masyarakat ini adalah masyarakat online (netizen). Jadi ketika dunia pertama mempunyai masyarakat yang nyata dan kita sebut dengan civilizen, maka dunia kedua juga mempunyai masyarakat digital yang menyebut dirinya sebagai netizen. Netizen sendiri sebenarnya adalah civilizen yang terconnect dengan internet.

Saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai angka 74,57 juta. Ini berarti terjadi angka kenaikan yang signifikan jumlah masyarakat digital di Indonesia yang pada tahun 2012 berjumlah 62 juta. 

Hewmawan kertajaya dalam bukunya New Wave Marketing membagi pengguna internet atau masyarakat digital menjadi 6, berikut klasifikasinya  :

  • Creators adalah orang-orang yang paling-tidak sebulan sekali menulis di blog-nya atau meng-upload video di YouTube.
  • Critics adalah orang-orang yang memberikan komentar pada blog atau memberikan penilaian secara online terhadap suatu produk.
  • Collectors adalah orang-orang yang menyimpan berbagai informasi online pada satu situs, misalnya menyimpan alamat-alamat situs favorit di situs Delicious.
  • Joiners adalah orang-orang yang punya profil di situs social networking seperti Facebook untuk sekadar menjalin relasi.
  • Spectators adalah orang-orang yang sekadar membaca blog atau menonton video orang lain.
  • Dan yang terakhir, Inactives, adalah orang-orang yang tidak melakukan aktivitas apa-apa walaupun ia sedang online.

Di era internet seperti ini orang yang tadinya amatir menjadi terlihat professional.Contohnya, untuk membuat sebuah blog pribadi, kita tidak perlu lagi mengerti programming secara mendalam, cukup pergi ke penyedia platform untuk blogging seperti blogspot, wordpress, myspace, multiply dan lain sebagainya.

Dengan adanya web 2.0, orang jadi lebih mudah mengekspresikan dirinya, berpartisipasi, melakukan networking, membentuk komunitas digital melalui situs jejaring sosial dan banyak hal lainnya. Teknologi yang sama memungkinkan setiap orang mempunyai kesempatan yang sama, bukan hanya milik sekelompok orang tertentu (dunia semakin horizontal).

Definisi Perubahan Sosial Dari Beberapa Ahli

Manusia merupakan sebuah individu, namun untuk memenuhi kebutuhan mereka, individu ini akan berinteraksi dengan individu lainnya sehingga membentuk sebuah komunitas sosial. Dan ini berarti manusia merupakan makhluk sosial. Karena adanya interaksi inilah timbul sebuah perubahan sosial yang ada dalam diri manusia. 

Untuk mendefinisikan perubahan sosial, saya mengambil beberapa pendapat dari para ahli sosiologi yang dikutip dalam bukunya Herwantiyoko yang diberi judul “Pengantar Sosiologi Dan Ilmu Sosial Dasar”. Beberapa pendapat dari pengertian sosiologi adalah sebagai berikut  :

  1. Kingsley Davis, mengartika perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya, timbulnya pengorganisasian buruh dalam masyarakat kapitalis telah menyebabkan perubahan-perubahan dalam hubungan antara buruh dan majikan dan seterusnya menyebabkan perubahan-perubahan dalam organisasi ekonomi dan politik
  2. Mac Iver mengemukanan bahwa perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan dalam hubunga sosial (Social Relationships) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial
  3. Gillin dan Gillin mengatakan perubahan-perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideology maupun karena adanya difusi ataupun pertemuan-pertemuan baru dalam masyarakat.
  4. Selo Soemarjan merumuskan sebagai segala perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok di dalam masyarakat.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi pada masyarakat yang mencakup perubahan dalam aspek-aspek struktur dari suatu masyarakat, ataupun akibat terjadinya perubahan lingkungan seperti perubahan geografis, perubahan sistem hubungan sosial, dan juga akibat dari kemajuan sains dan teknologi.

Mobi Pocket Reader, Software Untuk Membuka File PRC


Saat ini perkembangan teknologi informasi sungguh tak bisa di prediksi oleh manusia. Membuat semua serba digital. Termasuk dengan bagaimana kita belajar. Saat ini tentunya kita bisa mendapatkan berbagai macam buku secara gratis dalam bentuk ebook. Ada berbagai macam jenis file ebook yang bisa di download.

Salah satu file ebook yang beredar di internet adalah PRC. PRC merupakan singkatan dari Product Representation Compact yaitu format file 3D yang dapat kita gunakan untuk menanamkan (embed) data 3D ke dalam sebuah file pdf.

Format kompresi tingkat tinggi ini memfasilitasi penyimpanan dari representasi (perwakilan) model-model 3D yang berbeda.

Tentu saja untuk membuka file PRC ini kita membutuhkan software khusus yang harus kita instal pada notebook ataupun PC kita. Nah, software untuk membuka file PRC tersebut adalah Mobi Pocket Reader

Bagaimana cara mendownloadnya? Nah, untuk mendownload software tersebut mudah saja. Ikuti saja link di bawah ini, kemudian anda akan menemukan link download dari mediafire. Namun jika anda bingung untu cara downloadnya, silahkan buka link berikut - Cara Download di blog Suka Download. Berikut link download software Mobi Pocket Reader

Instalasi Software Mobi Pocket Reader

1. Download software Mobi Pocket Reader dari link di atas
2. Ekstrak File tersebut / anda tak perlu mengekstraknya, langsung saja klik file yang berekstensi .msi nya
 3. Kemudian klik "Next" saja, (ada di bagian kanan bawah)
 4. Pilih "I Agree" sebagai tanda anda menyetujui pemasangan software Mobi Pocket Reader, Kemudian klik "Next".
 5. Pilih "Everyone", agar software Mobi Pocket Reader yang anda pasang bisa dibuka oleh siapa saja yang membuka/menggunakan device (laptop/pc) anda.
6. Nah, Sekarang instalasi selesai. Silahkan klik "close".

Bagaimana sob, semoga bermanfaat aja deh apa yang saya tulis hari ini. Jika anda masih bingung, silahkan tinggalkan komentar ya, jika ada waktu pasti saya balas komentarnya.

Negara, Hukum Dan Masyarakat Madani


Tidaklah berlebihan apabila dikatakan bahwa peristiwa mundurnya Soeharto di atas panggung kekuasaan pada tanggal 21 Mei 1998 merupakan peristiwa historis bagi bangsa Indonesia untuk menemukan kembali hak-hak politiknya dalam negara hukum Indonesia, yang selama tiga dasa warsa lebih direbut dan dikekang oleh rezim yang menamakan dirinya sebagai pemerintah yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Jatuhnya pemerintah Orde Baru ditandai pula oleh antara lain perbincangan tentang peran negara, konsep negara hukum dan pelaksanaan sistem politik demokrasi melalui supremasi sipil serta peran masyarakat madani dalam kehidupan demokrasi.

Download Versi Microsoft Word disini

Memang tidak dapat dipungkiri apabila kita melihat sejarah ketatanegaraan kita pada masa lalu sebelum Orde Lama dan Orde Baru peran masyarakat madani (civic society) cukup kuat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Karena itu berbicara tentang negara, hukum dan masyarakat madani tidak dapat tidak berarti kita berbicara mengenai pembangunan demokrasi di Indonesia. Pembangunan demokrasi di Indonesia dapat terwujud melalui pembentukan masyarakat madani atau civil society dalam praktek pemerintahan dan ketatanegaraan.

Dalam kaitan ini pertanyaan adalah apakah mungkin dimasa depan kita melaksanakan sistem politik demokrasi dalam negara hukum Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 lewat pemberdayaan masyarakat madani ?

Dengan segala keterbatasannya tulisan ini mencoba menelaah masalah tersebut dari sudut pandang konstitusi atau aspek ketatanegaraan.

Negara dan Hukum

Agenda pembicaraan tentang masyarakat madani (civil society) tidak dapat dipisahkan dari bahasan tentang negara. Perbincangan tentang negara dalam konteks pemberdayaan masyarakat madani menjadi penting, karena negara merupakan lembaga yang memiliki kekuasaan yang sangat besar yang melayani dan menyalurkan berbagai kepentingan yang ada di masyarakat. Negara dapat memaksakan kehendaknya kepada warga atau kelompok yang ada di masyarakat. Bahkan kalau perlu, negara dapat memaksakan kekuasaannya untuk menggunakan Kekerasan fisik dalam memaksa kepatuhan masyarakat terhadap perintah-perintah yang dikeluarkannya. Kekuasaan yang sangat besar ini diperoleh karena negara merupakan pelembagaan dari kepentingan umum.

Karena itu sebagai lembaga yang mewakili kepentingan umum, negara dapat memaksakan kehendaknya melawan kepentingan-kepentingan pribadi atau kelompok di masyarakat. Pandangan inilah yang dominan di Indonesia selama lebih kurang tiga dasa warsa pemerintahan Orde Baru.

Dari apa yang dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa pada hakekatnya negara adalah organisasi kekuasaan. Oleh karena itu masalah kekuasaan, terutama dalam penyelenggaraan pemerintahan negara selalu aktual untuk menjadi bahan pemikiran dan renungan. Dalam rangka pembatasan kekuasaan negara agar tidak bertindak sewenang-wenang terhadap warganya, perlu ada aturan main yang diwujudkan melalui seperangkat kaedah hukum yang dalam kehidupan bernegara dituangkan dalam sebuah konstitusi. Dengan demikian negara  dan konstitusi merupakan dua lembaga yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, sejauhmana hukum atau konstitusi mampu membatasi kekuasaan. Salah satu contoh menurut konstitusi kita UUD 1945, DPR berfungsi untuk mengontrol pemerintah, namun fungsi kontrol itu tidak dapat dilaksanakan secara efektif selama pemerintahan Orde Baru. Demikian juga kemerdekaan berserikat seperti tercantum dalam pasal 28 UUD 1945 sebagai basis bagi masyarakat madani untuk menjalankan fungsinya sebagai kekuatan pengontrol bagi jalannya pemerintahan dipasung dan dibelenggu.

Kini setelah berakhirnya era orde baru dan memasuki era reformasi, masalah  klasik tetap timbul yakni masalah penegakan hukum disatu pihak dan pembatasan kekuasaan di pihak lain. Tidak berlebihan apabila kita dikemukakan, justru di era reformasi dewasa ini gema untuk menegakkan rule of law kembali bergaung dengan nyaringnya, sehingga tuntutan reformasi hukum merupakan sesuatu yang mutlak harus dilaksanakan.
Gema tuntutan penegakan supremasi hukum dewasa ini tidak hanya sekedar dilatar belakangi oleh praktek-praktek politik pada masa lalu dikala hukum tidak berdaya berhadapan dengan kekuasaan, tetapi terlebih karena secara konstitusional prinsip negara hukum, bukan negara kekuasaan, merupakan prinsip-prinsip konstitusi yang harus ditegakkan. Secara tegas konstitusi kita UUD 1945 dalam penjelasannya menyebutkan bahwa; negara Indonesia berdasarkan atas hukum (Rechtstaat), tidak berdasarkan kekuasaan belaka (Machtstaat).

Dari prinsip Indonesia ialah negara yang berdasarkan atas hukum dapat dikemukakan dua pemikiran yaitu : Pertama, bahwa kekuasaan tertinggi di dalam negara Indonesia ialah hukum yang dibuat oleh rakyat melalui wakil-wakilnya dilembaga legislatif. Jadi suatu kedaulatan hukum sebagai penjelmaan lebih lanjut dari paham kedaulatan rakyat.

Kedua, dari apa yang tersirat dalam sistem pemerintahan negara yang pertama ialah bahwa sistem pemerintahan negara atau cara-cara pengendalian negara memerlukan kekuasaan (power/macht). Namun dari anak kalimat yang berbunyi “….., tidak berdasarkan atas kekuasaan belaka”, dapat kita simpulkan bahwa tidak ada sesuatu kekuasaan pun di Indonesia yang tidak berdasarkan hukum.

Berdasarkan ketentuan konstitusi tersebut berarti pemerintah mempunyai kekuasaan yang terbatas dan tidak dibenarkan sewenang-wenang. Asas yang dianut dalam konstitusi tersebut haruslah tercermin dalam praktek penyelenggaraan negara. Artinya dalam praktek penyelenggaraan negara Indonesia, hukum harus mengendalikan kekuasaan, bukan sebaliknya hukum dipecundangi oleh kekuasaan.

Oleh karenanya, maka demi tegaknya hukum dan demi terlaksananya cita-cita negara hukum dan demokrasi yang seleras dengan cita-cita dan tujuan reformasi dewasa ini maka penyelenggaraan negara Indonesia harus sesuai dengan prinsip-prinsip konstitusi yang telah ditetapkan, sehingga tegaknya hukum dan kepastian hukum dalam menuju kepada keadilan hukum oleh rakyat dapat dirasakan.

Tegasnya dalam praktek ketatanegaraan ketentuan-ketentuan konstitusi harus dihormati, harus ditegakkan oleh penyelenggara negara. Namun demikian satu hal yang tidak dapat disangkal betapapun bagusnya konstitusi, dengan segala macam aturan permainan, namun akhirnya konstitusi tidak berdaya apabila menghadapi power play yang tidak mengindahkan konstitusi. Disinilah letaknya semangat atau moral penyelenggara negara.

Selama tiga dasa warsa semangat atau moral penyelenggara negara yang corrupt atau bersalah guna telah menempatkan hukum tidak berdaya menghadapi kekuasaan. Karena itu apabila kita membicarakan pemberdayaan masyarakat madani sebagai implementasi kedaulatan rakyat sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi kita UUD 1945, maka haruslah terlebih dahulu menempatkan hukum dalam posisi yang supreme dan menentukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.

Masyarakat Madani

Pembicaraan tentang masyarakat madani (Civil Society) sedikit tidaknya dapat kita kaitkan dengan bahasan negara dan hukum sebagaimana telah dikemukakan di atas. Sebatas yang kita ketahui, orang yang pertama kali membicarakan tentang “pemerintahan sipil (Civilian government) adalah seorang filosof Inggris John Locke, yang telah menulis buku Civilian Government pada tahun 1690. Buku tersebut mempunyai misi menghidupkan peran masyarakat dalam menghadapi kekuasaan-kekuasaan mutlak para raja dan hak-hak istimewa para bangsawan.

Dalam misi pembentukan pemerintahan sipil tersebut John Locke membangun pemikiran otoritas rakyat untuk merealisasikan kemerdekaan dari kekuasaan elite yang memonopoli kekuasaan dan kekayaan. John Locke berpendapat bahwa semuanya itu dapat direalisasikan melalui demokrasi parlementer. Dalam hal ini, keberadaan parlemen sebagai wakil rakyat dan pengganti otoritas raja.

Setelah John Locke, di Perancis muncul J.J. Rousseau, yang terkenal dengan bukunya The Social Contract (1762). Dalam buku tersebut Rousseau berbicara tentang pemikiran otoritas rakyat, dan perjanjian politik yang harus dilaksanakan antara manusia dan kekuasaan.

John Locke dan Rousseau membuka jalan pemberontakan terhadap berbagai dominasi kekuasaan dan kesewenang-wenangan, yang akhirnya melahirkan revolusi Perancis pada 1789 dan memasyarakatkan kesadaran baru. Sehingga pada permulaan abad XIX muncul pemikiran-pemikiran cemerlang yang mengobarkan pembentukan masyarakat madani. Masyarakat Madani akhirnya menjadi simbol bagi realitas yang dipenuhi dengan berbagai kontrol yang bersifat fakultatif, yang mencakup banyak partai, kelompok, himpunan, ikatan dan lain sebagainya dari berbagai corak di luar struktur kekuasaan, yang mengekspresikan kehadirat rakyat, yang mana hal itu mengakibatkan didirikannya berbagai macam lembaga swasta dalam masyarakat, untuk mengimbangi/melawan terhadap lembaga kekuasaan.

Dari apa yang dikemukakan di atas jelaslah bahwa sejak awal sampai sekarang ini pemikiran masyarakat madani bertujuan untuk menolak kesewenang-wenangan kekuasaan elite yang mendominasi kekuasaan negara, dan hal itu merupakan salah satu dari manifestasi penanaman demokrasi.

Para pendiri negara Indonesia sejak awal telah bersepakat untuk menciptakan masyarakat Madani, hal ini terbukti dengan dituangkannya pemikiran tersebut dalam beberapa pasal UUD 1945, seperti prinsip kedaulatan rakyat (Pasal 1 ayat 2), kebebasan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat (pasal 28), persamaan di depan hukum dan pemerintahan (Pasal 27), sistem negara hukum (Penjelasan UUD 1945), demokrasi ekonomi (Pasal 33) dsb.

Ternyata ketentuan-ketentuan konstitusional tersebut selama 30 tahun tidak terealisasi sebagaimana mestinya. Dengan runtuhnya Orde Baru dan munculnya Orde Reformasi menimbulkan harapan baru dari sebagian besar masyarakat Indonesia bahwa kebangkitan dan pertumbuhan masyarakat madani telah tiba. Sehubungan dengan hal tersebut banyak gagasan dan perbincangan yang mendalam tentang pengembangan masyarakat Madani (Civil society), terutama dikalangan akademi.

Kalau kita berpatokan pada sejarah masa lalu ketika masyarakat madani cukup kuat memberikan andilnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan sekaligus juga berpakotan pada ketentuan konstitusi paling tidak ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan masyarakat madani.

Pertama, sistem perekonomian yang baik dan demokratis, sehingga masyarakat tidak tergantung pada pemerintah (Pasal 33 UUD 1945).

Kedua, faktor kecerdasan bangsa (kualitas intelektual), yang menumbuhkan komitmen masyarakat untuk bersikap independen (alinea IV Pembukaan UUD 1945, tentang tujuan negara), dan yang ketiga adalah perwujudan kedaulatan rakyat dan strategi demokratisasi (Pasal 1 ayat 2 UUD 1945).

Dari apa yang dikemukakan di atas, maka pertama-tama diharapkan agar kaum intelektual/cendekiawan dapat memerankan diri sebagai aktor utama dalam proses perubahan sosial politik, karena fungsi sosial setiap cendekiawan ialah bertindak sebagai penyampai gagasan di masyarakat madani dan sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat madani.

Dengan kadar keilmuan kaum cendekiawan menjadi harapan peran dalam kehidupan bermasyarakat yang dinamis. Cendekiawan hendaknya menjadi kelompok masyarakat yang dinamis dan mampu mengarahkan kehidupan masyarakat menuju tatanan yang adil dan teratur serta membawa masyarakat bangsa menuju kehidupan yang lebih religius berperadaban. Dan masyarakat seperti inilah yang disebut masyarakat madani.
Dalam banyak peristiwa sejarah di Indonesia mengambarkan betapa para cendekiawan berjuang keras melawan kekuasaan tirani di Indonesia.

 Oleh : Dahlan Thaib

Download VLC Media Player Gratis


VLC Media Player adalah multimedia player yang bisa digunakan untuk berbagai format audio dan video juga DVD, VCD, dan berbagai macam protokol streaming tanpa menggunakan codec atau program eksternal.

VLC Media Player bisa memainkan MPEG-1, MPEG-2, dan MPEG-4/DivX dari hard disk, sebuah drive CD-ROM, UDP/RTP Unicast, UDP/RTP Multicast, HTTP, RTSP, MMS, dan lain-lain.

Keunggulan dari VLC yaitu kamu bisa menonton streaming youtube, streaming tv online, konversi format multimedia, hingga download video. Kesimpulannya adalah VLC Media Player cocok untuk kamu yang sering memutar file video atau musik di komputer atau laptop kamu.

Lisensi dari VLC Media Player ini adalah opensource. Jadi anda tak perlu untuk melakukan cracking atau memasukkan serial number segala. Cukup download filenya kemudian instal ke device (Laptop/PC) yang anda gunakan.

Bagaimana cara untuk download VLC Media Player? Karena lisensi dari software ini adalah opensource, maka anda bisa download software ini secara gratis. Hanya dengan klik link di bawah ini 

NamaVLC Media Player
Versi Terbaru2.1.1 (32-bit)
PlatformWindows
KategoriMultimedia
PublisherVideoLAN.org
LisensiOpen Source

Download WinDjView, Software untuk membuka file DJVU

WinDjView, Software untuk membuka file DJVU- Bagi temen-temen yang suka baca buku elektronik atau yang lebih populer dengan ebook, pasti tidak jarang menemukan buku dengan format DJVU. Mungkin ketika anda ingin membukanya, ada masalah yang menjumpai anda. Ya, karena memang ebook dengan format ini membutuhkan sebuah software untuk membukanya.

Biasanya ebook dalam bentuk djvu memang akan banyak kita jumpai dalam buku-buku lama. Buku-buku lama di scan kemudian disatukan jadi sebuah file yang berbentuk djvu. Jadi, software ini adalah software yang wajib dimiliki jika kamu adalah orang yang suka membuka ebook atau suka mengkoleksi ebook.

WinDjView bisa di install pada beberapa versi windows, diantaranya adalah 8, 7, Vista, XP, 2000, Server 2008, Server 2003. Untuk file yang saya berikan kali ini adalah WinDjView versi ke 2.0.2, terbaru (per 18 November 13)



Download Ensiklopedia Cak Nur Lengkap


Download Ensiklopedia Cak Nur Lengkap. 

Pertama buku ini didesain dengan satu entri dapat dibaca satu menit. Dengan baca satu entri diharapkan ada “one minute enlightment” (pencerahan satu menit). Maksudnya, diharapkan dengan membaca satu entri (apa pun) ada pencerahan pikiran yang bisa Anda dapatkan dari pikiran Cak Nur. Kalau itu tidak tercapai, cukuplah dicapai “one minute wisdom” (satu menit kearifan), kalau tidak juga, minimal ada “one minute ah-a”. Ada rasa “a-ha”—sesuatu yang baru. Sebagian besar entri dapat membantu kita mencapai ketiga kemungkinan hal tersebut. Entri yang tidak memberi a-ha, berarti entri yang gagal, dan hanya akan memberikan “one minute non-sense!”. Tanggung jawab kegagalan itu ada pada penyunting. Dan diharapkan masukan, saran, dan kritik untuk perbaikan pada cetakan mendatang. Dalam banyak halaman, tersedia kutipan dari pikiran Cak Nur yang diharapkan bisa menjadi inspirasi. Juga gambar-gambar yang membantu kita supaya dapat membaca relaks, berhadapan dengan buku setebal ini.

Buku ini tidak dimaksudkan untuk dibaca semua. Tetapi kalau Anda dapat membaca semua, atau paling tidak sebagian besar dari entri yang ada, maka akan banyak pemahaman dan inspirasi yang dapat diperoleh dari Cak Nur. Dan ini merupakan warisan paling berharga dari kerja intelektual Cak Nur selama di Yayasan Paramadina. Akhirnya, tanpa bantuan banyak pihak tentu buku Ensiklopedi Nurcholish Madjid ini tidak akan pernah terbit menjadi kenyataan. Maka pertama kali, saya sebagai penyunting, mengucapkan rasa syukur kepada Allah Swt., dan terima kasih kepada guru besar studi Islam saya, Almarhum Prof. Dr. Nurcholish Madjid, yang telah memperkenankan saya mendampingi beliau dalam masa 12 tahun saya menjadi Direktur Pusat Studi Islam Paramadina.

Dari beliau—setelah saya mempelajari bertahun-tahun isu yang ada dalam ensiklopedi ini—saya mendapatkan keteguhan iman yang mapan, penuh kelapangan, pluralis, dan yang paling penting, toleran, di tengah suasana filosofis skeptisisme posmodernis yang banyak saya pelajari, yang meragukan arti agama dewasa ini. Terus terang, Cak Nur telah menyelamatkan iman saya dari ketidakpercayaan akibat gempuran renungan-renungan filosofis yang sangat kritis terhadap apa pun yang dianggap sebagai pemikiran mapan. Cak Nur memberikan sebuah istilah filsafat fides quarens intellectum, sebuah keimanan yang diterangi akal—juga sebaliknya akal yang dicerahkan oleh iman. Dalam masa yang panjang bersama Cak Nur, saya bersentuhan dengan banyak kuliah, ceramah, hand-out, dan makalah Cak Nur yang sebagian besar sekarang sudah terdokumentasikan dan terolah dalam ensiklopedi ini. Terima kasih Cak Nur atas kepercayaan Anda pada saya untuk memimpin proses penyuntingan ensiklopedi ini.

Saya belajar banyak bagaimana mengerti hakikat agama Islam yang Anda sebut hanîfîyah samhah (keislaman yang toleran dan penuh kelapangan). Dengan ensiklopedi ini, semoga akan lebih tersebarluaskan pikiran-pikiran yang telah Anda geluti selama lebih dari tiga dekade, ke seluruh pelosok Indonesia.

Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Mbak Omi Komaria Madjid dan keluarga yang telah mengizinkan penerbitan buku ini, dan juga telah memberikan masukan dan koreksian. Kepada teman-teman Yayasan Wakaf Paramadina dulu maupun sekarang, saya ingin mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya, sehingga saya bisa mengolah naskah Cak Nur ini sehingga menjadi buku dokumen yang lengkap. Saya juga ingin mengucapkan terimakasih atas persahabatan yang sangat berkesan selama saya bekerja 12 tahun di Paramadina. Khusus kepada Ketua Umum, Sekretaris dan Bendahara, Bapak Prof. Dr. Didik J. Rachbini, Bapak Silmy Karim, dan Bapak Hendro Martowardojo, saya menghaturkan terimakasih atas usaha dan bantuan finansial untuk penerbitan buku ini.

Selanjutnya, tentu saja saya harus mengucapkan terima kasih kepada lima senior saya di Center for Spirituality and Leadership (CSL). Mereka adalah Pak Hario Soeprobo, Pak Hendro Martowardojo, Pak Mahdi Syahbuddin, Pak Angky Tisnadisastra, dan Pak Ario Wibisono. Mereka semua telah mendorong saya untuk dapat menyelesaikan proses pendokumentasian pikiran-pikiran Cak Nur, bagaimanapun beratnya pekerjaan ini, sehingga bisa selesai seperti yang dapat Anda nikmati sekarang. Mereka bukan hanya memberi support, tapi juga memberi bantuan keuangan yang besar sehingga penyuntingan buku ini dapat terselesaikan. Khusus kepada Pak Hendro Martowardojo, saya menghatur terima kasih atas usaha untuk pembiayaan penerbitan buku ini. Kepada Bapak Michael Ruslim, Direktur Utama dari PT. Astra Internasional Tbk. kami mengucapkan terima kasih atas sponsor penerbitan buku ini. Sebagian dari penerbitan buku ini disumbangkan kepada perpustakaan universitas besar di seluruh Indonesia.

Selanjutnya, kepada Mas Utomo Dananjaya, saya menghaturkan terima kasih sedalam-dalamnya. Beliau menjadi tempat konsultasi saya ketika ide awal buku ini masih dalam bentuk gagasan, sampai dapat terbit sekarang ini. Kepercayaan Mas Tom kepada saya dan support-nya yang terus-menerus membuat saya yakin bahwa saya bisa menyelesaikan buku ini dalam waktu setahun.

Terima kasih juga kepada Bapak Machnan R. Kamaluddin dan Bapak Usep Fathuddin, mantan Ketua dan Sekretaris Umum Yayasan Wakaf Paramadina, danjuga sahabatku, Pak Jusuf Sutanto, Yon Hotman dari McLeader, yang telah memberi saya kesempatan dan kemungkinan sehingga saya bisa melakukan sabbatical year, di mana waktu cuti yang panjang itu bisa saya pergunakan menyelesaikan penyuntingan buku ensiklopedi ini.

Selama proses penyuntingan yang memakan waktu kerja full time setahun, saya merasakan manfaat besar training filosofis dan teologis—dan utang budi intelektual—yang telah diberikan oleh dua guru besar filsafat saya, Romo Prof. Dr. Franz Magnis-Suseno SJ, dan Romo Prof. Dr. Martin Harun OFM. Mereka telah membimbing saya bagaimana melakukan kajian hermeneutis atas suatu teks filosofis keagamaan. Pelajaran yang mereka berikan telah menghasilkan buah kemampuan menyunting teks-teks Cak Nur ini, sehingga bisa tersaji baik seperti ini.

Terimakasih juga ingin saya sampaikan kepada senior-senior saya di kantor saya sekarang, The Asia Foundation, Dr Douglas E. Ramage, Dr Robin Bush, dan Lies Marcoes-Natsir, yang telah dan terus membimbing saya mengerti kompleksitas masalah Islam dan Civil Society. Selama bekerja di The Asia Foundation saya merasakan luasnya pengalaman berinteraksi dengan organisasi-organisasi dan tokoh-tokoh Islam di seluruh Indonesia.

Pekerjaan advokasi dengan ide-ide demokrasi, pluralisme dan toleransi ini telah memperkaya apa yang selama ini saya pahami hanya secara teoretis lewat pekerjaan seperti penulisan dan penyuntingan buku Ensiklopedi Nurcholish Madjid ini. Saya harus mengucapkan terima kasih dan respek yang mendalam kepada senior saya, Dr. Haidar Bagir, yang sejak awal telah mengetahui arti buku Ensiklopedi Nurcholish Madjid ini untuk pengembangan intelektual Islam di Indonesia. Tanpa persetujuan Mas Haidar pasti buku ini tidak akan pernah terbit di Penerbit Mizan. Untuk proses itu, saya juga harus mengucapkan terima kasih kepada Ilham B. Saenong dan Taufik M.R. yang telah memimpin proses penerbitan naskah ini di Penerbit Mizan.

Selanjutnya kepada para editor saya, Ahmad Gaus AF., M. Syu‘bi, Ali Noer Zaman, Dede Iswadi, dan Eko Wijayanto, saya haturkan penghargaan dan terima kasih yang banyak, karena tanpa ketekunan Anda semua, pastilahbuku ini tidak terbit sebaik ini. Kepada Ben Hamzah Barmansyah dan Iwan Himawan dan istrinya, Aag Kurniati, yang telah mentranskrip banyak sekali rekaman kuliah Cak Nur, dan mengetikkan ulang, saya juga haturkan terima kasih. Juga kepada M. Nurul Islam dan Epiet yang telah membuat banyak illustrasi sehingga ensiklopedi ini bisa lebih hidup. Tak lupa saya ucapkan terimakasih dan penghargaan kepada kawan-kawan saya di CSL, Pardamean Harahap, Ben Hamzah Barmansyah, Vita Adriana, Jhody A. Prabawa, Muhammad Ali, Pepen Supendi, dan Zaki S. Dharmoko yang telah merelakan waktu kerja saya untuk menyelesaikan penyuntingan buku ini. Dan terakhir, tentu saja ucapan terima kasih dan penghargaan kepada istri saya tercinta, Meirita Widaningrum, yang telah menemani saya dan memberi banyak inspirasi dalam proses pengerjaan ensiklopedi ini. Ia tidak hanya memberi inspirasi, tetapi juga terus mendorong untuk setia bekerja dalam pemikiran Islam, melanjutkan pikiran-pikiran yang sudah dirintis Cak Nur. Karena komitmen itu juga, buku ini bisa diselesaikan. Kepada semua pihak—termasuk yang tidak disebutkan namanya di sini—saya hanya bisa mengucapkan jazâ-kumu ‘l-Lâh khayr-u ‘l-jazâ’.

Hanya Allah saja yang bisa membalas semua kebaikan hati. Semoga dengan penerbitan buku ini, spirit Cak Nur yang mendambakan wajah Islam yang penuh kelapangan dan toleran (al-hanîfîyât al-samhah), terus tumbuh dan berkembang di bumi Nusantara—yang sejak dulu dikenal dengan toleransi dan pluralismenya. Amin.

Download Ensiklopedia Cak Nur Link

Sumber artikel di atas - http://www.paramadina-pusad.or.id/ensiklopedia-nurcholish-madjid.html

Download Slank Nggak Ada Matinya Full Album 2013

Download Slank Nggak Ada Matinya Full Album

Slank Nggak Ada Matinya - Begitulah nama album yang baru dirilis beberapa waktu lalu. Sekedar informasi tambahan saja, bahwa album ini hanya di jual di KFC. Jika kamu adalah slankers, maka kamu wajib untuk mempunyai CD versi aslinya.

Album Slank Nggak Ada Matinya ini, berisi 11 lagu. Semua lagu yang terkumpul dalam album Slank Nggak Ada Matinya adalah lagu baru. Berbeda dengan album Slank yang sebelumnya yaitu "I Slank U", yang merupakan lagu lama yang diaransemen ulang oleh Slank.

Peluncuran album Slank Nggak Ada Matinya sendiri dilakukan bebarengan dengan launching filmnya. Untuk lagu utamanya adalah "Slank Nggak Ada Matinya"

Isi Lagu Slank Nggak Ada Matinya yang bisa temen-temen download adalah sebagai berikut. Selain download satu per satu, kalian juga bisa download Album Slank Nggak Ada Matinya Langsung jadi satu album. So tunggu apa lagi?


Nggak tau cara downloadnya? Baca di sini dulu ya.

  1. Slank Nggak Ada Matinya
  2. Woles
  3. King Bim2x
  4. Ngindonesia
  5. Yo Man
  6. Jgn Ke Jkt
  7. He Yo Les Go
  8. Verboden
  9. System?
  10. Jl. Potlot
  11. Terakhir


Sunday, November 17, 2013

Tips Berkendara agar Penumpang Tidak Mabuk

Tips Berkendara agar Penumpang Tidak Mabuk Perjalanan (Car Sickness/Kinetosis)
Ada banyak penumpang kendaraan mudah mengalami mual dan muntah ketika mobil berjalan. Mabuk kendaraan terutama mobil, bahkan bukan saja dialami oleh penumpang, namun pengemudi sendiri sering mengalami pusing akibat dari perjalanan yang dialami dengan kendaraannya. Banyak hal yang menyebabkan penumpang menjadi mabuk perjalanan (car sickness/kinetosis), di antaranya adalah penyebab dari mobil, gaya mengemudi pengemudi, jalan, dan yang utama adalah penumpang itu sendiri, seperti kondisi fisik yang kurang bugar, keturunan pemabuk dan kondisi psikis. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas seputar tips berkendara agar penumpang tidak mabuk selama perjalanan berlangsung bahkan ketika sampai ke tujuan, dengan begitu semua penumpang akan merasa segar bahkan ketika sampai ke tempat tujuan.


Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya mabuk di antarnya:

Faktor Psikis dan Biologis Penumpang:
Faktor Psikis: Seperti ada orang yang sudah merasa mual dan pusing ketika baru akan berangkat atau naik mobil dan orang tersebut belum naik kendaraan, baru hanya ada niat mau naik kendaraan saja sudah mabuk. Bahkan, ada yang sudah muntah duluan ketika baru mau membuka pintu mobil. Pikiran-pikiran merasa tidak nyaman dalam mobil, seperti bau yang tidak sedap dan sangat menyengat dan guncangan-guncangan ketika dalam perjalanan. Pengalaman dan ingatan-ingatan seperti ini akan tertanam dalam diri orang tersebut, apa lagi dimulai dari anak-anak, hal ini juga menyebabkan si anak jadi trauma ketika akan bepergian dengan mobil dan akan terus tertanam hingga dewasa.
Faktor Biologis: Seperti kondisi badan penumpang dalam keadaan kurang sehat sehingga mudah terjadinya ketidak seimbangan yang menyebabkan terjadinya pusing dan mual dengan mudah. Seperti keadaan kurang bugar bahkan sakit akan sangat mudah terjadi mabuk dibandingkan dengan kondisi badan yang sehat.

Faktor Posisi Duduk Penumpang:
Penumpang yang dapat melihat obyek di depan dengan lebih jelas dan baik akan merasa lebih sehat jika dibandingkan dengan penumpang yang kurang bahkan tidak bisa melihat obyek di depan dengan baik. Misalnya penumpang yang duduk di bangku depan atau bangku belakang sopir akan mudah melihat obyek di depan dengan baik. Fokus terhadap obyek di depan terutama obyek yang tidak bergerak akan membantu mengurangi dan mencegah terjadinya pusing. Memperhatikan obyek di depan akan mencegah terjadinya mabuk, namun melihat ke samping dan memperhatikan obyek di samping dalam kondisi berjalan akan memicu terjadinya mabuk.

Faktor kendaraan itu sendiri, seperti:
  1. Posisi kendaraan yang terlalu tinggi dari tanah seperti berbagai mobil SUV (Sport Utility Vehicle), dan ada juga kendaraan jenis penumpang yang terlalu tinggi. Hal ini sering menyebabkan mobil oleng ketika dikendarai dalam kecepatan tinggi.
  2. Shock Breaker yang keras dan tidak adanya stabilizer sering membuat kendaraan oleng dan tentunya akan mengocok perut penumpang yang ada di dalamnya dan selanjutnya timbulah perasaan pusing yang berlanjut dengan mual dan akhirnya terjadilah muntah.
  3. Udara yang tidak segar dalam kendaraan sering memicu hal ini, untuk itu ada penumpang merasa lebih nyaman ketika jendela dibuka karena akan mendapatkan udara yang segar dan tentunya mencegah terjadinya car sickness/kinetosis ini. Namun, pada kondisi tertentu di mana kondisi kurang sehat dengan membuka jendela dan banyaknya udara dingin yang masuk akan membuat penumpang mudah mengalami mabuk.
Faktor Jalan:
Faktor jalan juga berperan penting membuat penumpang mengalami pusing, seperti jalanan penuh liku dan bergelombang serta rusak pun membuat pengemudi harus memutar stir dengan cepat dan melakukan pengereman serta penumpang pun dibuat seperti naik perahu ketika melewati gelombang lautan. Hal ini akan cepat menggangu pusat keseimbangan tubuh manusia yang menjadi pemicu pusing dan mual.

Faktor Pengemudi/Supir (driver):
Sesuai dengan tips di atas adalah bagaimana berkendara sehingga penumpang menjadi nyaman dan tidak mabuk. Oleh karena itu setelah melihat dari beberapa faktor penyebab di atas, maka peran sopir atau pengemudi terhadap mabuk perjalanan pun akan mendukung. Dengan adanya pergerakan yang tiba-tiba dari kendaraan seperti belok mendadak, mengerem mendadak, dan menekan gas mendadak tentunya akan membuat posisi tubuh penumpang bergoyang ke kiri dan ke kanan, depan dan belakang.

Jadi, untuk mengurangi terjadinya mabuk terhadap penumpang, sedikit tips untuk pengemudi adalah:
  1. Hindari memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Ada banyak kerugiannya terhadap penumpang, di antara ketika melewati tikungan dengan kecepatan tinggi tentu mobil akan menikung dengan cepat dan posisi penumpang pun tidak stabil bergerak ke kiri dan kanan. Jika kecepatan tinggi tentu akan banyak menggunakan rem untuk mengurangi laju kendaraan dan jika ada obyek di depan, posisi penumpang pun bergerak ke depan dan belakang. (Hindarilah teknik Gaspol Rempol)
  2. Hindari manuver stir dengan mendadak atau belok dengan cepat. Usahakan posisi mobil tetap lurus namun tidak mengambil jalan berlwanan. Sebelum menikung, kurangi kecepatan dengan melepas pedal gas dan atau dibantu dengan penekanan pedal rem dengan halus dan tidak menimbulkan pergerakan badan penumpang pastinya. Kemudian lakukan putaran dengan halus pendek.
  3. Hindari pengereman mendadak. Untuk itu pengemudi harus fokus terhadap semua obyek yang ada di depan dengan jarak dekat hingga terjauh. Karena dengan baru terlihatnya obyek ketika sudah dekat, akan membuat reflek penekanan rem terjadi. Dan berkendaralah dengan mengikut arus lalu lintas, sesuaikan kecepatan dengan kepadatan lalu lintas.
  4. Pasang sabuk pengaman untuk pengemudi dan semua penumpang jika sabuk pengamannya sudah ada di setiap bangku. Hal ini membantu menahan badan dari gerakan tiba-tiba/mendadak.
  5. Putarlah musik yang tidak membuat suasana menjadi Gaspol Rempol, sekaligus bisa mengalihkan perhatian penumpang terhadap rasa pusingnya.
  6. Siapkan cemilan untuk mencegah efek asam lambung yang berlebihan, tentunya yang tidak memicu asam lambung berlebihan seperti roti, dll.
Semoga bermanfaat. Demikian Tips Berkendara agar Penumpang Tidak Mabuk.

Ditemukan Rangka Naga Di Pulau Bangka

Masyarakat Pulau Bangka dihebohkan dengan penemuan tulang rangka yang diisukan sebagai seekor “Naga berkaki enam” dan konon katanya panjangnya mencapai belasan meter.




Temuan tulang Naga berkaki enam di Bangka Selatan yang menghebohkan masyarakat Bangka dan sekitarnya ini menarik perhatian Edi Nur Cahyono, dosen FPPB UBB (Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi, Universitas Bangka Belitung).

Dari keterangan beberapa waktu yang lalu, dan dari analisa kasat mata, bahwa Naga yang panjangnya mencapai belasan meter ini belum dapat dipastikan apakah seekor naga ataukah kerangka ikan paus.

”Kalau naga enggak mungkin, ada kemungkinan bangkai dari ikan yang terdampar, akan tetapi saya belum bisa memberikan keterangan lebih jelas”, ujar Edi Nur Cahyono, dosen FPPB UBB.



Sedangkan Yulistyo selaku kepala Dinas DKP mengatakan akan meneliti tulang-tulang hasil temuan masyarakat Bangka Selatan (Basel) beberapa waktu yang lalu, disinyalir sebagai tulang yang mirip naga.

”Kalau memang tulang-tulang itu langka, maka akan dikirim ke museum, akan tetapi jika itu merupakan tulang biasa, maka kita akan kembalikan ke dalam laut lagi, biar jadi rumah ikan yang lain.” ungkapnya saat di hubungi via telepon.



Akan tetapi, ungkap Yulistyo sampai saat ini DKP belum mendapatkan laporan dari DKP Kabupaten Bangka Selatan.

Awal Penemuan

Lokasi kerangka tulang ada di Desa Limus, dari Toboali ke arah utara melewati daerah transmigrasi, jaraknya kurang lebih ± 15 km. Tulang-tulang itu disimpan di rumah seorang nelayan setempat sebagai sang penemu “Naga”.

Menurutnya kerangka tersebut ditemukan pada hari kelima di Bulan Puasa 1431 H (Ramadhan 1431 Hijriyah) dan berada di laut pada kedalaman kurang-lebih ± 3 meter, didepan muara Sungai Nyire.


Saat ditemukan, terlihat ada semacam pukat yang tersangkut pada sesuatu yang tersembul di atas permukaan air.

Namun setelah didekati dan ditusuk-tusuk dengan ujung dayung, ternyata benda itu adalah kerangka atau tulang yang posisinya melengkung seperti bulan sabit.

Kemudian kerangka tersebut diambil dengan angkutan perahu. Untuk kerangka bagian kepala diperlukan tenaga 15 orang untuk mengangkatnya.


Tengkorak misterius yang ditemukan seorang nelayan di Sungai Nyire, Pulau Bangka

 
Terdapat Bulu-bulu Pada Rangka

Menurut penuturan sang penemu pada saat terlihat pertama yang berupa pukat dan sesuatu yang menonjol, itu adalah bulu-bulu dan tanduk pada kepala kerangkan tersebut.



Tulang-tulang itu disimpan di rumah seorang nelayan setempat sebagai sang penemu “Naga”

Bulu-bulu tersebut seperti layaknya rumbai bulu pada kepala seekor kuda. Benda tersebut tidak ada di foto lantaran menurut sang penemu, setelah benda tersebut yang sebelumnya telah dilihat oleh Bapak Bupati Basel, maka tidak diperlihatkan lagi pada umum.

Sebagai yang telah melihat langsung kerangka tersebut dapat kami beri gambaran, lingkar badan “mahluk” tersebut berkisar ± 2 m dengan panjang badan ± 15 meter.

Dilihat dari bentuk kerangka kepala mengarah kepada bentuk seeokor ikan paus. Hanya pada tulang ekor yang masih terdapat sisa daging yang menempel, pada bagian tulang yang lain bersih dan berwarna putih kusam.





sumber | wowunic.blogspot.com | http://forum.viva.co.id/sejarah/1315628-ditemukan-rangka-naga-di-pulau-bangka.html

Ditemukan 'Dunia yang Hilang' Telah Terisolasi Jutaan Tahun

Spesies-spesies itu telah terisolasi selama jutaan tahun.


News - Tim ilmuwan biologi dari James Cook University, Australia dan Harvard University, Amerika Serikat, berhasil menemukan 'dunia yang hilang' dari spesies terbaru di hutan hujan terpencil di wilayah Queensland, Australia.

Melansir National Post, Selasa 29 Oktober 2013, para ahli biologi menemukan tiga spesies reptil tak dikenal, hidup di hutan hujan yang letaknya di dataran tinggi di Australia.

Tim peneliti mengatakan akses untuk sampai lokasi itu hanya dengan menggunakan helikopter, karena wilayah itu dipenuhi tebing raksasa dan batuan sebesar rumah dan mobil.

Tiga spesies baru ditemukan di antaranya kadal berwarna emas, spesies katak batu yang tidak bergerak selama empat hari, dan tokek berwujud aneh dengan mata besar, kaki panjang dan lurus, berekor lebar, serta berukuran 8 inci.

"Kami yakin spesies-spesies itu telah terisolasi selama jutaan tahun. Ini merupakan sebagian kecil hewan-hewan kuno yang hidup di hutan hujan Gondwana," kata Dr Dr Conrad Hoskin, pemimpin penelitian dari James Cook University.

Hoskin menambahkan, temuan tiga spesies itu didapat tim peneliti hanya dari 10 persen dari total luas hutan hujan tersebut. "Jadi, kami masih berpotensi menemukan makhluk-makhluk kuno lainnya yang akan menggegerkan dunia," tegasnya.

Sementara menurut Patrick Couper, kurator Reptil dan Katak di Museum Queensland, temuan spesies tokek terbaru yang diberi Cape Melville Leaf-tailed Gecko sangat luar biasa.

"Selama 26 tahun bekerja sebagai kurator reptil profesional, baru kali ini saya melihat spesies tokek aneh ada di meja kerja saya," kata Couper.


http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/10/29/227653_spesies-baru-di-hutan-hujan-gondwana_663_382.jpg
Spesies baru di hutan hujan Gondwana


sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/454828-ditemukan--dunia-yang-hilang--di-hutan-hujan-australia

Daftar Ump Umk 2014 Seluruh Wilayah Indonesia

Pada Awal November ini sebenarnya penetapan UMP/UMK 2014 untuk seluruh wilayah Indonesia harus sudah selesai, akan tetapi sampai saat ini belum semua provinsi dan kota yang menyerahkan besaran UMK/UMK tahun 2014 ini kepada kementerian tenaga kerja.

Berdasarkan Permenakertrans No 7/2013 diatur penetapan UMP 2014 harus diumumkan selambat-lambatnya tanggal 1 November 2013 akan tetapi tidak sedikit dari pemerintahan provinsi dan kota yang belum rampung membahasnya.

Berikut ini daftar UMP/UMK 2014 untuk seluruh wilayah Indonesia

1. Kalimantan Selatan Rp 1.620.000 atau naik 21,12% dari UMP 2013 Rp 1.337.500
2. Banten Rp 1.325.000 atau naik Rp 13,25% dari UMP 2013 Rp 1.170.000
3. Kalimantan Tengah Rp 1.723.970 atau naik 11% dari UMP 2013 Rp 1.553.127
4. Kalimantan Barat Rp 1.380.000 atau naik 30% dari UMP 2013 Rp 1.060.000
5. Jambi Rp 1.502.300 atau naik 15,56% dari UMP 2013 Rp 1.300.000
6. Sulawesi Tenggara Rp 1.400.000 naik 24,42% dari UMP 2013 Rp 1.125.207
7. Sumatera Barat Rp 1.490.000 naik 10,37% dari UMP 2013 Rp 1.350.000
8. Bangka-Belitung Rp 1.640.000 naik 29,64% dari UMP 2013 Rp 1.265.000
9. Papua Rp 1.900.000 naik 11,11% dari UMP 2013 Rp 1.710.000
10. Bengkulu Rp 1.350.000 naik 45% dari UMP 2013 Rp 930.000
11. NTB Rp 1.210.000 naik 10% dari UMP 2013 Rp 1.100.000
12. Jakarta Rp 2.441.301 naik 9% dari UMP 2013 Rp 2.200.000
13. Kepulauan Riau Rp 1.665.000, naik dari UMP 2013 Rp 1.365.087
14. Riau Rp 1.700.000
15. Sumatera Utara Rp 1.505.850, naik dari UMP 2013 Rp 1.305.000
16. Kalimantan Timur Rp 1.886.315, naik dari UMP 2013 Rp 1.762.073
17. Yogyakarta Rp1.173.300 Naik dari UMK 2013 Rp1.065.247
18. Boyolali Rp 1.116.000 Naik dari UMK 2013 Rp895.000
19. Sukoharjo Rp1.167.000

Semoga dengan kenaikan UMP atau dulunya disebut UMR ini bisa meningkatkan taraf hidup para buruh

Sumber :http://www.aktualpost.com/2013/11/15/5406/daftar-ump-umk-2014-seluruh-wilayah-indonesia/

Polisi Militer pun DITILANG gara-gara Masuk Busway

Sterilisasi jalur Bus Transjakarta (busway) terus dilakukan Kepolisian bersama jajaran Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Siapa pun masuk jalur VVIP ini akan mendapat tindakan pelanggaran (tilang).

Tak terkecuali pejabat atau aparat, bila melanggar akan dilakukan penindakan. Seperti terjadi di busway Jalan Raya Senen, Jakarta Pusat, seorang anggota Polisi Militer (PM) yang menggunakan motor dinas pun ikut ditilang.

Dalam foto yang dilansir situs Traffic Management Center Polda Metro Jaya, Rabu (13/11/2013), tampak dua orang Polantas tengah memberhentikan motor gede yang dikendarai anggota PM. Ketiganya terlibat perbincangan.

Mulai dua pekan lalu, Pemprov DKI bersama Kepolisian gencar melakukan pembersihan jalur Trasjakarta dari kendaraan pribadi. Semua kendaraan kecuali Transjakarta dan angkutan terpadu, yang menggunakan busway dilakukan penindakan.

Ke depan, Pemprov bahkan bakal menerapkan aturan denda Rp1 juta bagi pengendara mobil dan Rp500 ribu bagi pengemudi motor yang menerobos busway.
Sumber :http://jakarta.okezone.com/read/2013/11/13/500/896187/masuk-busway-polisi-militer-pun-ditilang

Buang Puntung Rokok Sembarangan di Jakarta Bakal DIDENDA sebesar Rp 500 Ribu

Pemerintah Provinsi DKI kini menggalakkan Perda No 3 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah di Jakarta. Dalam Perda tersebut ditegaskan, bagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda maksimal sebesar Rp 500 ribu, termasuk membuang puntung rokok.

"Ya, puntung rokok, botol air mineral dan kertas-kertas juga termasuk. Karena itu kan sampah," ujar Kepala Dinas Kebersihan DKI Unu Nurdin saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (16/11/2013).

Unu menjelaskan, inti dari Perda tersebut bukan pada dendanya, melainkan pada peran edukasi bagi warga agar tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Karena itu, lanjut Unu, bagi warga yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya, akan diberi peringatan dulu. Namun, jika kesalahan diulang terus-tmenerus oleh orang yang sama, maka akan diberikan tindakan tegas yaitu denda maksimal Rp 500 ribu perorang.

"Target kita bukan untuk menangkap kemudian mendenda orang, melainkan untuk edukasi kepada warga agar tidak lagi membuang sampah sembarangan, tidak pada tempatnya. Karena saat ini baung sampah sembarangan seperti sudah tidak terkendali lagi, akibatnya saluran-saluran air menjadi mampet," jelas Unu.

"Nah termasuk untuk puntung rokok maupun sampah botol air mineral. kalau sudah diberi peringatan berkali-kali namun orang yang sama masih melakukan kesalahan yang sama, ya terpaksa didenda," tambahnya.

Mulai Desember, masyarakat diminta tidak membuang sampah sembarangan. Denda Rp 500 ribu (perseorangan) dan Rp 50 juta (korporasi) akan diberikan bagi mereka yang melanggar. Uang akan masuk ke kas daerah.

"Uang dendanya nanti masuk ke kas daerah," ujar Kadis Kebersihan DKI Unu Nurdin di Balaikota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Menurut Unu, pihaknya sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung peraturan larangan membuang sampah sembarangan seperti diatur Perda Nomor 3/2013 tentang Pengelolaan Sampah. Kendaraan-kendaraan pengangkut sampah sudah diremajakan.
Sumber :http://news.detik.com/read/2013/11/17/063742/2415040/10/buang-puntung-rokok-sembarangan-di-jakarta-juga-didenda-rp-500-ribu?9911012


Beri Uang ke Pengemis Akan Kena Denda Sebesar Rp 50 juta.....??

Memberikan uang kepada anak jalanan dan pengemis di jalan akan dikenakan sanksi berupa denda paling tinggi sebesar Rp 50 juta atau hukuman tiga bulan kurungan.

Kepala Dinas Sosial Palembang Faizal, mengatakan ketentuan tersebut sesuai dengan peraturan daerah yang mengatur pembinaan anak jalanan. Namun, saat ini perda masih melalui tahapan evaluasi oleh Pemprov Sumatera Selatan, katanya.

Menurut dia, meskipun penerapan sanksi belum akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Sosialisasi terus dilakukan agar mampu meminimalisir aktivitas anak jalanan dan pengemis di jalan-jalan.

Faizal mengatakan, masyarakat yang ingin beramal silahkan saja datang ke mesjid-mesjid atau panti asuhan sehingga jelas dan tepat sasaran.

"Jumlah masjid mencapai ratusan begitu juga dengan panti asuhan ada sekitar 70 unit, silakan ke sana saja," kata Faizal, Kamis (14/11).

Dia menjelaskan, selama ini pihaknya telah melakukan penelitian terhadap maraknya aktivitas anak jalanan. Bisa dipastikan, mereka berasal dari keluar urban dari berbagai daerah di Sumatera Selatan.

Faizal menambahkan, pendapatan pengemis dan anak jalanan tersebut sangat fantastis mencapai Rp400.000 per hari.

"Sangat tidak layak kalau mereka dikatakan miskin dengan penghasilan besar tersebut akibatnya terus dilakukan upaya pembinaan agar tidak kembali mengemis," tegasnya.
[ian]
Sumber :http://www.merdeka.com/peristiwa/beri-uang-pengemis-akan-kena-denda-rp-50-juta.html

Pemuda Berusia 23 Tahun ini TOLAK 40 Trilliun dari Facebook dan Google


Selain berita IPO Twitter, bulan ini dunia teknologi juga dikejutkan dengan pemuda berusia 23 tahun yang menolak uang 40 Trilliun Rupiah yang ditawarkan oleh facebook dan Google. Evan Spiegel, pendiri Snapchat, menegaskan bahwa dia tidak tertarik dengan tawaran akuisisi dari facebook ataupun Google, setidaknya tidak sampai tahun depan. Meskipun tidak terlalu populer di Indonesia, Snapchat sangat populer di Negara lainnya, sampai membuat penggunanya mengupload 350 juta foto tiap harinya. Berbeda dengan aplikasi chatting atau photo-sharing biasa, semua yang di share di Snapchat hanya bertahan beberapa detik sebelum dihapus selamanya. Keunikan ini ternyata menarik perhatian jutaan orang dan menjadi pengguna setia Snapchat.

Perusahaan raksasa internet asal China, Tencent, adalah yang pertama kali memberikan valuasi 40 Trilliun Rupiah terhadap Snapchat. Tencent yang telah merajai aplikasi chat dunia tentunya ingin menguasai Snapchat yang menurut mereka akan menjadi sangat populer dan mampu melengkapi QQ (aplikasi chat paling populer di China), WeChat (populer di China dan Indonesia), serta KakaoTalk (populer di Korea dan Indonesia).

Awalnya, Tencent ingin membeli saham minoritas Snapchat senilai beberapa ratus juta dollar. Kemudian, facebook memberikan tawaran akuisisi total senilai 35 Trilliun Rupiah. Lagi-lagi, Evan Spiegel tidak tertarik. Terakhir, merasa Tencent adalah pesaing beratnya, Google pun ikut-ikutan melakukan penawaran akuisisi ke Snapchat, kali ini dengan nilai 40 Trilliun Rupiah. Namun, Evan menegaskan bahwa tidak ada akuisisi dalam tahun ini.

Para analis di dunia teknologi percaya bahwa ini adalah strategi Evan Spiegel untuk meningkatkan valuasi Snapchat. Evan sangat percaya bahwa akhir tahun ini Snapchat akan menaikkan jumlah foto yang di-share di Snapchat naik dari 350 juta foto per hari menjadi 400 juta foto per hari. Angka tersebut mengalahkan jumlah foto harian yang di-upload di facebook. Pastinya, apabila berhasil mendapatkan angka tersebut, valuasi Snapchat bukan hanya 40 trilliun rupiah, bisa naik menjadi 100 trilliun rupiah.

Sumber : http://edan77.blogspot.com/2013/11/pemuda-berusia-23-tahun-ini-tolak-40.html